Senin, 23 Juli 2018
Home / Pro Otonomi / Pringsewu / Pemkab Pringsewu Bakal Kasih 10 Ribu Bibit Tangkil ke Warga

Pemkab Pringsewu Bakal Kasih 10 Ribu Bibit Tangkil ke Warga

Senator.co.id (Pringsewu) - Wakil Bupati Pringsewu H. Fauzi meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup pada anggaran 2019 menyediakan bibit pohon tangkil minimal 10 ribu batang untuk dibagikan dan ditanam di pekarangan masyarakat.

Bahkan bila perlu pada anggaran perubahan 2018 ini bisa diajukan pengadaan bibit tangkil tersebut. 

"Tetapi yang jelas pada 2019 bibit tangkil itu sudah ada dan langsung dibagikan kemasyarakat," harap Fauzi.

Menurutnya, permohonan itu juga berdasarkan anjuran Bupati Pringsewu Pringsewu. Tanaman tangkil itu banyak kegunaannya, mulai dari daun dan buah tangkil muda untuk sayuran, tangkil tua untuk dibuat emping dan batang kayunya juga bermanfaat.

Fauzi mengatakan hal itu ketika melakukan penanaman pohon penghijauan di jalan jalur dua menuju Kantor DPRD Pringsewu yang baru di komplek perkantoran pemkab setempat sekaligus memeringati Hari Bumi 2018, berlangsung Jum'at (6/4), usai apel dan senam pagi bersama.

Ikut melakukan penanaman, Sekdakab A.Budiman, para asisten, staf ahli bupati dan para kepala OPD, serta diikuti para aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Pringsewu.

Fauzi menambahkan jika masyarakat menanam pohon tangkil di lahan perkebunan atau pekarangan rumah, maka dalam waktu 3 hingga 4 tahun kedepan sudah bisa dipetik hasilnya, terutama daun mudanya. 

"Hal itu setidaknya akan membantu perekonomian masyarakat demi kesejahteraan,"ungkapnya.

Disisi lain Wabup Pringsewu juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan penanaman pohon bambu dari berbagai jenis di sekeliling lahan perbatasan lokasi pemkab dengan tanah warga.

 "Selain merupakan tanaman indentitas Kabupaten Pringsewu juga sebagi penghijauan dan mengetahui batas lahan. Juga dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat,"tuturnya.

Maka, melalui program penanaman pohon tersebut agar semua jajaran Pemkab Pringsewu serta elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga bumi dengan turut melestarikan alam sekitar.

 "Hal ini bisa dilakukan mulai dari diri kita sendiri, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Juga dengan menanam pohon," imbuh Fauzi.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Emil Riyadi memaparkan, pada agenda penanaman pohon secara simbolis itu di tanam 500 bibit pohon mahoni dan pule. 

"Bibit pohon itu juga ditanam di seputar jalan dan perkantoran Pemkab Pringsewu," katanya.

Terkait program pengadaan bibit pohon tangkil pihaknya akan mengupayakan. Begitu pula penanaman berbagai jenis bambu di lokasi keliling lahan perbatasan perkantoran pemkab Pringsewu. 

"Untuk penanaman berbagai jenis bibit bambu, akan kami laksanakan pada 2018. Begitu juga bibit pohon tangkil, paling lambat pengadaanya pada 2019 mendatang," terang Emil Riadi. (ver/dit) 
Pemkab Pringsewu Bakal  Kasih 10 Ribu Bibit Tangkil ke Warga



Klik! View Mobile Edition

Advertorial