Minggu, 22 September 2019
Home / Pro Otonomi / Metro / DPRD Godok Perda Kawasan Pemukiman

DPRD Godok Perda Kawasan Pemukiman

METRO - DPRD Kota Metro tengah godok Perda Kawasan Pemukiman dan Perumahan.  Ini dilakukan agar mulai tahun 2020, Pemkot Metro akan mulai mengatur kawasan pemukiman yang aman, sehat, dan terpadu.

Sekretaris Komisi II Yulianto mengatakan, DPRD tengah menggodok Raperda kawasan pemukiman dan perumahan, termasuk di dalamnya akan membahas masalah penanganan kawasan kumuh.

"Intinya itu mengatur atau mengendalikan. Serta mendorong masyarakat agar terkoordinasi dan terpadu dalam rencana Metro ke depan agar kita menjadi lebih tertata dan terlindungi," ujarnya.

Ia menjelaskan, Raperda tersebut mendukung dan mensinergikan dengan Perda yang sudah ada. Seperti RTRW (rencana tata ruang wilayah) dan perlindungan lahan pertanian. Tujuannya untuk menata Kota Metro.

"Kalau lebih spesifiknya nanti. Ini kan masih kita bahas. Ini raperda inisiatif DPRD. Dan kita pastikan dewan akan terus melahirkan aturan-aturan yang melindungi dan membuat Bumi Sai Wawai menjadi lebih baik lagi. Intinya itu," ujarnya.

Ia mencontohkan, seperti tahun lalu, pihaknya membuat perda perlindungan lahan pertanian. Dengan tujuan petani dan lahannya terlindungi. Sehingga Metro tidak kehilangan lahan karena pembangunan atau perkembangan kota yang tidak tertata.

"Jadi supaya tidak lagi asal bangun, semua sudah ada rencana. Kalau perkiraan kita tidak selesai lah sebelum lebaran ini, kan waktunya mepet. Karena ada banyak perda perubahan, itu mungkin 20-an. Tapi tahun depan sudah bisa dipakai," imbuhnya.(ide/dit)
DPRD Godok Perda Kawasan Pemukiman


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial