Senin, 15 Oktober 2018
Home / Pro Otonomi / Metro / Hewan Kurban Di Metro Ready Stock!

Hewan Kurban Di Metro Ready Stock!

Senator.co.id (METRO)- Jelang lebaran Idul Adha, stok hewan kurban di Kota Metro cukup. Ya, para pedagang hewan kurban didaerah itu telah menyediakan kebutuhan warga yang ingin membeli hewan kurban.

 Hal ini ditegaskan Kabid Peternakan Dinas Pertanian Parjiya kemarin. Ia mengatakan,  butuhan hewan kurban di Kota Metro rata-rata per tahunnya membutuhkan  800 ekor sapi dan 2000 kambing.

 “Ini cukup, bahkan berlebih hewan yang dimiliki para pedagang di Kota Metro,”tukasnya. 

Selain itu, banyak warga Kota Metro yang membeli hewan kurban dari luar daerah, seperti, Lampung Timue dan Lampung Tengah.

 “Biasanya warga ada juga yang membeli Sapi kurban di luar Metro,”tambahnya.

Umumnya, untuk hewan kurban sapi dibeli dengan kisaran harga Rp.15 hingha Rp. 18 juta per ekornya. Sedangkan jenis kambing dari harga Rp.2,5— Rp. 3,5 juta per ekornya.

 “Itu hewan yang sudah memenuhi kriteria untuk dijadikan hewan kurban,”tuturnya.

Untuk mengantisipasi keamanan hewan kurban jika dikonsumsi masyarakat, Dinas Pertanian bidang peternakan sedang memproses membentuk tim pemeriksa hewan kurban.

“Kita sedang memproses pembentukan tim pemeriksaan hewan kurban untuk segera di SK kan walikota,”ucapnya.

Selain itu juga tim akan memasang banner di setiap masjid terkait ketentuan kesehatan  hewan kurban yang akan dipotong. “Nantinya dalam banner itu tertera sejumlah item ketentuan hewan kurban yang sehat,”tambahnya.

Hal itu dimaksudkan agar bisa memberi rasa nyaman masyarakat dalam mengkonsumsinya. Tetapi, itupun akan dibac-up tim pemeriksa.

 “Nanti tim akan memeriksa hewan kurban yang akan dopotong guna memastikan kesehatanya,"ucapnya. 

 Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit Antrak dan Cacing Hati yang biasanya diderita hewan kurban. (adv/dim)
Hewan Kurban Di Metro Ready Stock!



Klik! View Mobile Edition

Advertorial