Kamis, 21 November 2019
Home / Pro Otonomi / Lamtim / Forum Nelayan Pasir Sakti Gelar Nadran

Forum Nelayan Pasir Sakti Gelar Nadran

LAMPUNG TIMUR - Ratusan nelayan Desa Labuhan Ratu Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur, Senin 02 Oktober 2017 melaksanakan syukuran laut atau yang biasa disebut Nadran yang berlokasi di kali tanggul jalil. Upacara tradisi para nelayan pantai timur  Kecamatan Pasir Sakti ini ditandai dengan kegiatan melarung atau mempersembahkan sesaji kelaut. Yang juga dihadiri oleh Chusnunia Chalim (Bupati Lampung Timur), Titin Wahyuni (Camat Pasir Sakti), Forkopincam Pasir Sakti, AKP.Kusne (Kapolsek Pasir Sakti) dan Para tokoh masyarakat Pasir Sakti.

Kegiatan melarung sesaji ke laut ini menarik perhatian masyarakat sekitar, khususnya para nelayan. Berbagai jenis makanan termasuk benda-benda pelengkap sesaji sebelum dilarung atau dipersembahkan ke laut terlebih dahulu dilakukan upacara atau ritual dan do’a bersama, kegiatan melarung sesaji ini delepas langsung oleh Chusnunia Chalim Bupati Lampung Timur.

Salah satu perahu nelayan terdapat miniatur kapal yang sudah diisi sesaji yang  dihiasi dengan aneka hiasan yang  juga disi dengan aneka makanan dan minuman dilarung ke arah laut diiringi dengan puluhan perahu hias sesampai dilaut  miniatur diangkat dan diceburkan kelau.

Marwan nelayan 42 tahun mengatakan kegiatan nadran ini merupakan warisan tradisi budaya para leluhur yang sebenarnya dilaksanakan setiap tahun, biasanya kegiatan nadran ini kita laksanakan dengan sederhana, tetapi untuk kali ini kita mengelar do’a bersama dengan para tokoh masyarakat dan nelayan Desa Labuhan Ratu sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua rizki yang telah diberikan kepada kami. Ungkapnya sambil mendayung perahu

Penyelenggaraan pesta laut atau nadran yang dilakukan memunculkan kegiatan ekonomi di masyarakat, khususnya dengan hadirnya ratusan pedagang dan pengusaha hiburan seperti kemidi putar. “Suasana di sekitar nelayan kali tanggung jalil Desa Labuhan Ratu Kecamatan Pasir Sakti itu menjadi ramai, banyak dikunjungi masyarakat. (ruri/feb)

Forum Nelayan Pasir Sakti Gelar Nadran


Advertorial