Kamis, 20 Juni 2019
Home / Pro Otonomi / Lamsel / Warga Lamsel Dukung Arinal

Warga Lamsel Dukung Arinal

LAMPUNG SELATAN - Ragam kekayaan laut di pesisir pantai Lampung Selatan memiliki potensial untuk dikembangkan lebih lanjut demi menaikkan tingkat hidup para pengumpul rumput laut di bumi gerbang Sumatera ini.

Salah satu wilayah di Lamsel yakni Desa Kenjuruan Kecamatan Kalianda punya potensi untuk pelestarian serta pengembangan salah satu tanaman laut tersebut. Sayangnya campur tangan pemerintah baik daerah maupun provinsi masih minim.

Rian (52) salah satu pengumpul rumput laut kepada Tim Media Jaringan Arinal Berkarya (JAYA) mengatakan, usaha yang digelutinya itu sudah berlangsung selama 5 tahun. Meski kerap susah memasarkannya, Rian tetap melakoni profesi tersebut. Dalam perhari, rumput laut yang bisa dibawa pulang dan dijualnya mencapai 2 karung.Jika seminggu bisa mencapai 7 kuintal lebih.
" Kalau ada bantuan dari pemerintah seperti bantu memasarkannya maka taraf hidup para pengumpul rumput laut jelas akan lebih baik," ungkap Rian, Sabtu 5 Agustus 2017. Untuk harga jual saat ini berkisar Rp 1200 per kilogramnya. Rian menerangkan, rumput laut tak ubahnya tanaman yang tumbuh secara liar di daratan. Namun mengingat kondisi air laut sepanjang teluk Lampung, beberapa dari pantai yang ada sudah terkontaminasi zat-zat berbahaya.

"Sehingga hasil yang didapat tidak maksimal.Hasil per hari itu juga tergantung kondisi ombak.Jika sedang pasang saya tidak mau ambil resiko," kata dia.

Rian menambahkan, manfaat rumput laut bisa dijadikan bahan kosmetik dan juga untuk makanan seperti keripik dan agar-agar.Meski tidak tahu cara pengolahannya, Rian mengaku mendapatkan info manfaat rumput laut itu di tempat dia memasarkannya.

KepadaTim Media JAYA, Rian mengungkapkan harapan besar agar Ir Arinal Djunaidi bisa mewujudkan bantuan pemasaran untuk rumput laut dan juga standar harga diatas harga saat ini.

" Kalau beliau terpilih menjadi Gubernur Lampung, kami minta beliau mendengarkan keluhan kami.Kami doakan beliau busa sukses dalam niatannya," ujar Rian.

Diketahui, kandungan Gizi dan Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan -
Rumput laut, tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan agar-agar ini merupakan hasil laut dan termasuk jenis tumbuh-tumbuhan laut jenis Algae atau ganggang multiseluler, yang tidak memiliki akar, batang, dan daun, dengan bentuk yang beraneka ragam, mulai dari bentuk bulat, pipih, tabung atau bercabang-cabang. Biasanya rumput laut tumbuh di dekitar karang karang yang telah mati.

Hasil ekstrasi rumput laut dimanfaatkan tidak hanya sebagai bahan pembuatan agar agar saja, ekstrak rumput laut juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau sebagai bahan tambahan untuk industri makanan, farmasi, kosmetik, tekstil, kertas, cat dan lain-lain. Selain itu digunakan pula sebagai pupuk hijau dan komponen pakan ternak maupun ikan.

Saat ini masyarakat indonesia sudah banyak yang membudidayakan tanaman ini, karena jika mengandalkan rumout laut yang tumbuh alami tidak mencukupi kebutuhan akan rumput laut. Rumput laut yang biasa di budidayakan diIndonesia yaitu jenis Eucheuma sp. (*) Warga Lamsel Dukung Arinal



Klik! View Mobile Edition

Advertorial

Advertise