Senin, 14 Oktober 2019
Home / Pro Otonomi / Lambar / Pemimpin Muda Masa Depan

Pemimpin Muda Masa Depan

Edi Novial, S.Kom

Ketua DPRD Lampung Barat.

LAMPUNG BARAT - Lahir di tengah tengah keluarga yang melekat dengan paham Marheanisme serta dikenal sebagai sosok low profile karena gayanya yang cool tidak banyak bicara, tetapi lebih banyak bekerja membuat Edi Novial, S.Kom sadar betul bahwa untuk hidup berarti dan berguna bagi orang lain tidak bisa dengan serta merta diraih begitu saja tanpa adanya usaha dan upaya untuk mewujudkan harapan tersebut.

Untuk itu Edi Novial berpandangan bahwa melalui lembaga Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) yang merupakan lembaga politik itu  dirinya akan mewujutkan harapan tersebut, karena baginya lembaga yang notabene merupakan perpanjangangan tangan dari masyarakat itu dapat dijadikan wadah pendidikan publik yang tujuannya bisa menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan cara yang lebih bijaksana dan santun.

Sementara dalam meniti karir politik, politisi asal PDIP itu tergolong sukses, bagaimana tidak di usia 34 tahun Edi Novial telah tercatat sebagai Ketua DPRD Lampung Barat Periode 2014-2019 (Ketua DPRD Lampung Barat termuda sejak Kabupaten Lampung Barat berdiri pada tahun 1991). Edi Novial yang bergabung dengan PDIP pasca repormasi itu langsung diterima oleh kalangan fungionaris partai berlambang Banteng tersebut, karena selain orang tua nya Hi. Noval Efendi merupakan salah satu tokoh marhenisme yang cukup diperhitungkan di Kabupaten Negri Asal Para Sai batin tersebu, Edi juga adalah sosok yang cukup ramah dan bijaksana sehingga dengan mudah membaur dengan kader lainnya. Selain itu kiprahnya juga menginspirasi kaum muda di Kabupaten terujung Provinsi Lampung itu, pada usia 29 tahun Partai Demokrasi Indonesia Perjuanagn (PDIP) telah mendaulatnya untuk menjadi Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Lampung Barat.

Saat disinggung mengenai pembangunan Lampung Barat, Edi Novial mengakui masih banyak hal yang menjadi tugas dan pekerjaan rumah bersama ke depan. Pertama, sebutnya, masalah listrik, hutan,   infrastruktur dan lainnya. Hal itu, lanjutnya, masih harus menjadi prioritas utama bagi Kabupaten Lampung Barat untuk diperjuangkan, dengan melibatkan legislatif sebagai lembaga yang juga memiliki kewenangan dalam bidang anggaran, pengawasan, dan legislasi.

Hal lainnya yang masih harus di perjuangkan adalah masalah pertumbuhan ekonomi. Pemerintah daerah juga harus bisa menggenjot investasi dengan mengelola sumber daya alam yang ada serta menciptakan iklim usaha yang kondusif. Dengan begitu akan terciptanya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lampung Barat secara utuh. “Selama ini APBD Kabupaten Lampung Barat, mayoritas berasal dari sumber dana perimbangan atau bantuan pusat. Sementara pendapatan asli daerah (PAD) masih terbilang kecil.  Oleh karena itu, untuk meningkatkan penghasilan daerah, tentu harus didorong penguatan bidang ekonomi kerakyatan, sehingga dapat menciptakan pemberdayaan masyarakat dari sisi ekonomi. Kalau ekonomi sudah bergerak, maka akan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi,” paparnya. 

Edi Novial juga mengatakan bahwa kedepan pihaknya (Legislatif) bersama Pemerintah Daerah (Eksekutif) akan bersinergi dalam memperjuangkan penguatan ekonomi kerakyatan,  pendidikan dan kesehatan, agar mampu memberi kontribusi nyata bagi daerah. “Dan kita melihat hal tersebut masih menjadi persoalan yang lebih intens untuk dijadikan pekerjaan rumah bersama,” ujarnya.(adv/doni/feb)

 

BIODATA

Nama Lengkap : Edi Novial, S.Kom

TTL : Pekon Purajaya Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat 17 Juli 1980

Agama : Islam

Jabatan : Ketua DPRD Lambar Periode 2014-2019

Partai : Partai Demokrasi Perjuanagan (PDIP)

Pendidikan : SI

Istri : RE. Afrida Yeni, S.Pd

Anak : Rashiqa Zikirannaya Novial, M. Athaya Celio Novial                     

Orang Tua : Hi. Noval Efendi, Hj. Herwanah

Pemimpin Muda Masa Depan


Advertorial