Selasa, 21 Mei 2019
Home / Pro Bisnis / Bertani Gunakan Gatget, Sutono Ajak Anak Muda Bertani

Bertani Gunakan Gatget, Sutono Ajak Anak Muda Bertani


Lampung Selatan -
  
Bakal Calon wakil gubernur Lampung, Sutono prihatin akan kondisi anak muda sekarang yang makin tidak tertarik bekerja di sektor pertanian.

Sutono mengatakan, rendahnya minat kaum muda menggeluti sektor pertanian boleh jadi karena masih minimnya pengetahuan terhadap anak-anak muda tentang manfaat dan keuntungan menjadi petani.

Oleh karena itu, lanjut mantan Sekdaprov Lampung kondisi ini harus direspon dengan membuat pelatihan dan pendidikan pertanian yang efektif dan efisien. Karena boleh jadi mereka (anak muda) enggan jadi petani karena belum tahu manfaat dan keuntungannya.

"Kenapa pertanian belakangan ini agak sulit kita angkat menjadi swasembada. Karena orang- orang pinter, orang tua kita beda," katanya saat berada di tempat pembibitan di Way Lubuk, Kalianda, Lampung Selatan, Sabtu (20/1/2018).

Sutono yang diusung PDIP ini melanjutkan, bersama Perhiptani Lampung, dirinya merintis sebuah formula agar generasi melenial tertarik menggeluti sektor pertanian. 

"Perhiptani Lampung sudah merintis lama bagaimana generasi muda tertarik di bidang pertanian di era generasi melenial," ujarnya. 

Formula itu, lanjut Sutono, adalah menciptakan teknologi pertanian yang bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi. 

"Akan kita padukan, karena generasi melenial itu kan mainnya di Mall, bermain dengan gadget. Maka kita dirikan namanya Sarwo Farm, sehingga dalam bertani bisa sambil jalan jalan," ucapnya. 

Jadi, lanjutnya, dalam bertani nantinya tidak harus berada di lokasi. Namun bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi yang sudah disambungkan di handphone android.

"Nanti kita punya kebon itu nyiramnya cukup pakai gadget sambil jalan jalan di Mall dan lain sebagainya. Kalau kekeringan nyiramnya tinggal pencet, kalau kekurangan pupuk tinggal pencet dari android," ungkapnya. 

Untuk tanaman, pihaknya bersama kelompok tani, yang saat ini dibina akan menanam berupa sayur sayuran yang panennya cepat, seperti cabe dll. 

"Saat ini akan dikembangkan di wilayah Lampung Selatan, karena ini masih taraf uji coba," katanya.

Hal ini, tambah Sutono, sebagai salah satu wujud nawacita Presiden Jokowi adanya swasembada pertanian. 

Dalam kesempatan itu, Sutono, didampingi sejumlah kelompok tani meninjau tanaman cabe yang sudah berumur 70 hari. 

Selain itu, juga memperlihatkan teknologi pertanian yang siap dikembangkan di Provinsi Lampung. Teknologi itu berupa aplikasi akan disambungkan dalam handpone android. Sehingga tanaman- tanaman pertanian itu bisa dikendalikan dari jarak jauh. (ver/feb) Bertani Gunakan Gatget, Sutono Ajak Anak Muda Bertani


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Kurs Valuta Asing

KURSBELIJUAL
USD13,015.00 13,165.00
AUD9,950.0010,143.00
CHF13,384.0013,631.00
EUR14,592.0014,852.00
GBP17,330.0017,629.00
Sumber http://www.bri.co.id/articles/91

Klik! View Mobile Edition

Advertorial