Selasa, 21 Mei 2019
Home / Nusantara / Pemkab OKU Gelar Pasar Bedug di Taman Kota Baturaja

Pemkab OKU Gelar Pasar Bedug di Taman Kota Baturaja


Baturaja, senator.co.id  — Menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, tahun 2019. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU) melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggelar pasar bedug selama bulan Ramadhan di Taman Kota Baturaja, Senin (6/5/2019).

Pasar bedug itu digelar selama satu bulan. Mulai dibuka pukul 15.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa. Ada puluhan lapak yang disiapkan dan pada umumnya pasar bedug ini diisi pedagang makanan dan minuman khas untuk buka puasa atau takjil. Adapula makanan khas daerah Baturaja.

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis  mengatakan pasar bedug ini rutin dilaksanakan setiap tahun pada saat bulan suci Ramadhan. Dengan adanya pasar beduk yang merupakan pasar musiman ini, maka diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana mencari rejeki dan membuka lapangan pekerjaan dengan berdagang,” ujar Kuryana Azis, saat membuka pasar bedug di Taman Kota Baturaja, Senin.

Kuryana juga mengimbau kepada para pedagang kuliner saat menjual dagangannya, jangan menjual barang yang sudah kadaluarsa kemudian hindari berbagai bahan pewarna yang mengandung zat berbahaya dan setiap pedagang harus menjual dagangannya seharga yang wajar.

“Kepada para sponsor saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya pasar bedug ini,” ucap Kuryana.

Sebelum mengakhiri kata sambutannya, Kuryana mengajak kepada semua masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan terutama kepada para pedagang di pasar bedug. “Mari kita sama-sama tetap menjaga kebersihan,” tutup Kuryana.

Pantauan dilokasi dalam kesempatan itu, Kuryana didampingi Istri menyempatkan diri untuk membeli dagangan yang dijual pedagang. Ia mendatangi pedagang satu persatu untuk melihat dan membeli takjil dan makanan yang dijual.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM OKU Ir Joni Amran dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pasar bedug merupakan sebuah tradisi bagi umat Islam dalam menyambut dan memeriahkan datangnya bulan suci Ramadhan yang secara rutin di laksanakan setiap tahun.

“Kegiatan pasar beduk ini digelar selama bulan Ramadhan. Sedangkan jumlah lapak yang di persiapkan sebanyak 150 lapak pedagang terdiri dari lauk pauk, kue, minuman segar, makanan dan takjil,” tutupnya singkat. (amrul/feb)
Pemkab OKU Gelar Pasar Bedug di Taman Kota Baturaja



Klik! View Mobile Edition

Advertorial