Selasa, 20 November 2018
Home / Nusantara / Berantas Pungli, Kejari dan Inspektorat OKU Gelar Diskusi Dengan Pers dan LSM

Berantas Pungli, Kejari dan Inspektorat OKU Gelar Diskusi Dengan Pers dan LSM

Senator.co.id (OKU) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) gelar acara dialog interaktif terkait pemberantasan pungli bersama insan pers dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se-OKU Rabu (4/7/2018).

Acara yang berlangsung di aula kantor Kejari Baturaja tersebut, dibuka dan dipimpin oleh Kepala Kejari Bayu Pramesti,SH.

Hadir dalam acara itu Kepala Inspektorat OKU Ari Susanto, Insan pers dan LSM se-OKU.
Bayu Pramesti mengatakan, bahwa Pungutan Liar (Pungli) di Kabupaten tersebut terkesan sulit di berantas mengingat keterbatasan dan kurangnya laporan masyarakat.

Untuk itu Kajari mengajak seluruh LSM dan insan pers untuk turut berperan serta memantau dan melaporkan apabila ada temuan kegiatan- kegiatan yang menyimpang atau indikasi korupsi di Kabupaten agar bisa di awasi bersama dan dapat berjalan dengan baik.

Bayu menghimbau pada LSM dan media agar dapat membuat surat pengaduan atau berita terkait hal-hal yang di anggap temuan, yang di tujukan pada Kejari Baturaja.

“Agar temuan tersebut dapat ditindak lanjuti dan dicek langsung ke lapangan,"tegasnya

Terpisah Kepala Inspektorat Baturaja, Inspektur Ari Susanto menambahkan meski telah lama di bentuk, tim saber pungli di setiap kabupaten namun masih kurang maksimal dalam menangani pungli tak terkecuali di Kbupaten OKU.

Dalam kesempatan itu diberikan waktu sesi tanya jawab yang di mulai Sudirman alias mas Bro. Ketua LSM Mapoku mempertanyakan Kinerja Kejaksaan dan Inspektorat mengenai temuan hasil audit BPK terhadap beberapa SKPD di OKU.

"Mengapa tidak ada tindak lanjut dari temuan BPK," kesal Sudirman.

Menjawab ini,  Kepala Inspektorat OKU Ari susanto berkilah bahwa untuk memanggil dan memeriksa kepala SKPD tersebut perlu tanda tangan bupati untuk membuat perintah pemeriksaan, atas jawaban Ari tersebut peserta yang hadir di dalam forum pertemuan hanya terdiam dan melempar senyum satu sama lainnya.

Menutup sesi tanya jawab itu Kajari Oku dan Kepala Inspektorat OKU berharap sinergi antara LSM, Media dan aparat hukum dapat meningkatkan komunikasi untuk mencegah marak nya Pungli dan Korupsi di OKU.  (Amrul/Senator) 
Berantas Pungli, Kejari dan Inspektorat OKU Gelar Diskusi Dengan Pers dan LSM



Klik! View Mobile Edition

Advertorial