Senin, 19 November 2018
Home / Nusantara / Pemkab OKU Siap Antisipasi Karhutla

Pemkab OKU Siap Antisipasi Karhutla


Baturaja - Senator.co.id - Daam rangka untuk Pencegahan dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan menggelar apel siaga personil dan perlengkapan Karhutla bersama TNI dan Polri serta pihak terkait dilapangan upacara PT. Semen Baturaja, Kamis (31/5/2018).

Dalam kesempatan itu Bupati OKU H Kuryana Azis menyampaikan agar Satgas Karhutla dapat meningkatkan kesiagaan untuk mencegah dan menanggulangi bencana Karhutla.

Tingkatkan koordinasi dan komitmen bersama dalam melakukan pencegahan terpadu supaya tidak terjadi kebakaran hutan sehingga terjamin kualitas udara yang bersih dan terbebas dari asap.

“Apabila terjadi kebakaran hutan. Masyarakat diminta segera melapor ke Satgas Karhutla,”

Kuryana juga mengimbau kepada masyarakat Ogan Komering Ulu agar tidak membakar hutan, dan lahan atau kebun. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla.

Sementara itu, Komandan Satgas Karhutla Letkol Arm Agung Widodo mengatakan, Satgas Karhutla siap turun kelapangan jika terjadi kebakaran hutan. Kita selalu siap siaga baik personil maupun perlengkapan. Kalau tiba-tiba terjadi Karhutla.

“Yang paling penting dilakukan pencegahan sebelum terjadinya bencana Karhutla,” ujarnya.

Menurut Letkol Agung, penanggulangan bencana Karhutla merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat preventif dan antisipatif yang harus disrlenggarakan secara koordinatif. Komperensif, serentak, cepat, tepat dan akurat dengan melibatkan lintas sektoral dan lintas wilayah,” jelasnya.

Usai mengadakan apel siaga personil dan perlengkapan Karhutla. Acara dilanjutkan dengan menggelar simulasi pemadaman api saat terjadi kebakaran hutan. (rul) Pemkab OKU Siap Antisipasi Karhutla



Klik! View Mobile Edition

Advertorial