Minggu, 20 Oktober 2019
Home / Kosmo Politan / Pemprov Lampung Bayarkan DBH Triwulan I Ke Semua Kabupaten dan Kota

Pemprov Lampung Bayarkan DBH Triwulan I Ke Semua Kabupaten dan Kota

Lampung- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah membayarkan dana bagi hasil (DBH) triwulan I tahun anggaran 2019 kepada seluruh kabupaten/kota. DHB dibayarkan untuk Januari-Februari-Maret 2019. Total Rp222 miliar sisa hutang Rp428 miliar.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Lampung Minhairin mengatakan DBH yang telah dibayarkan untuk bulan Januari, Februari dan Maret. Dia menjelaskan DBH yang dibayarkan untuk triwulan I sebesar Rp222 miliar. Rinciannya: Rp181 pajak daerah dan Rp41 miliar pajak rokok.

“Untuk DBH triwulan I tahun 2019 sudah kita bayarkan kepada kabupaten/kota, Berdasarkan hasil perhitungan, DBH yang akan dibayarkan sebesar Rp704 miliar. Sehingga, tersisa Rp482 miliar lagi yang belum dibayar. Nanti akan dicicil pada triwulan selanjutnya,” kata Minhairin, Kamis (27/6/2019).

Sebelumnya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bergerak untuk menyelesaikan persoalan di Pemprov Lampung. Salah satunya terkait Dana Bagi Hasil (DBH) kepada Pemkot Bandarlampung. Arinal menyatakan akan segera melakukan pelunasan hutang dan mencicil pembayaran DBH tersebut. 

“Ya perlakuannya atau pembayaran DBH sama dengan kabupaten dan kota lainnya. Yang jelas mulai hari ini nol hutang. Hutang  kemarin akan kita cicil dari DBH lain untuk dibagikan ke kabupaten dan kota,” kata Arinal. Brapa jumlah yang akan diberikan, Arinal menyebut normatif saja. “Jadi kalau sekian ratus, ya sesuai prosentase yang ada dan dicicil,” tambah Arinal.

Pemkot Bandarlampung turut bersyukur. Sebab dari data yang ada, Pemprov Lampung belum membayarkan DBH ke Pemkot Bandarlampung terhitung sejak Triwulan kedua, tiga dan empat 2018, serta triwulan pertama 2019. Namun Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung Trisno Andreas mengaku tidak mengetahui pasti berapa jumlah DBH yang akan diterima Pemkot Bandarlampung dari 3 triwulan 2018 dan 1 triwulan 2019 ini.

“Kalau besarannya kita tidak bisa menyebut angka, karena nantinya jumlah besarannya dari mereka (Pemprov Lampung). Tapi kalau rata-rata per triwulan kami biasanya mendapat Rp25 miliar. Artinua yang 2018 ada 3 triwulan mungkin bisa sampai Rp75 miliar. Tapi kan ini rata-rata dari realisasi mereka,” kata Trisno, Senin (17/6). (*)
Pemprov Lampung Bayarkan DBH Triwulan I Ke Semua Kabupaten dan Kota


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial