Senin, 14 Oktober 2019
Home / Kosmo Politan / Mendagri: 98 Persen Sudah Lakukan Perekaman E-KTP

Mendagri: 98 Persen Sudah Lakukan Perekaman E-KTP

Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan sudah 98 persen warga melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP). Tjahjo pun meminta masyarakat yang belum melakukan perekaman untuk proaktif.

"Ya, sudah 98 persen terekam. Tapi kan tergantung pada masyarakat sendiri untuk proaktif. Kami sudah jemput bola, tapi yang sisa 2 persen mohon untuk bisa proaktif," ujar Tjahjo di gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019) sebagaimana dikutip detik.com

"Kecuali ada sejumlah daerah, di Papua yang karena biografis, kondisi masyarakat yang memang sulit. Tapi yang penting masyarakat harus proaktif," imbuhnya.

Tjahjo menjelaskan bahwa sesuai kesepakatan, yang berhak menggunakan hak pilih adalah warga negara yang mempunyai e-KTP. Meski belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), warga tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa e-KTP.

"Kesepakatan antara DPR, pemerintah dan KPU dan Bawaslu, yang berhak menggunakan hak pilih adalah warga negara yang mempunyai e-KTP. Walaupun dia belum terdaftar di DPT, tapi punya e-KTP, dia bisa mendaftar ikut hak suara pada pukul 11.00-12.00 siang dengan membawa e-KTP," jelas Tjahjo.

Sebelumnya, Tjahjo tak mempersoalkan diperbolehkannya warga yang mempunyai hak pilih mencoblos dengan membawa e-KTP. Asalkan, surat keterangan (suket) yang dibawa pemilih, sah. 

"Minimal suket itu sah NIK-nya, sudah ada. Tinggal belum punya e-KTP yang asli. Saya kira kalau suketnya sah sesuai dengan domisili namanya terdata di RT/RW berapa saya kira nggak ada masalah," ujar Tjahjo kepada wartawan di Hotel Ciputra, Jl S Parman, Jakarta Barat, Rabu (20/3/19). (det/dim)
Mendagri: 98 Persen Sudah Lakukan Perekaman E-KTP


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial