Selasa, 18 Desember 2018
Home / Kosmo Politan / Malam Ini, Gerhana Bulan Total Terpanjang Menyapa Indonesia

Malam Ini, Gerhana Bulan Total Terpanjang Menyapa Indonesia

Senator.co.id – Salah satu keajaiban kuasa Allah  berupa gerhana bulan total dengan durasi terpanjang di abad ke-21 ini bakal terjadi malam dini hari nanti. Yang menggembirakan, gerhana bulan ini bisa dilimhat di seluruh wilayah Indonesia dengan mata telanjang.

Dirilis dari situs BMKG, Jumat (27/7/2018)  fase gerhana bulan kali ini akan dimulai pada pukul 00.13 WIB. Kemudian berlanjut hingga fase gerhana sebagian yang ditandai dengan masuknya piringan bulan memasuki umbra bumi mulai Sabtu  (28/7/18) pukul 01.24 WIB.

Fase gerhana bulan total akan dimulai pada pukul 02.29 WIB. Setelah fase ini, bagian bulan akan memerah dan mencapai puncak kemerahan pada saat puncak gerhana, yakni pukul 03.21 WIB.

Memerahnya piringan bulan ini terjadi karena adanya cahaya matahari yang dihamburkan oleh atmosfer bumi, untuk kemudian bagian cahaya kemerahannya yang diteruskan hingga sampai ke bulan. Karena itulah, fase totalitas dalam gerhana bulan total akan berwarna kemerahan," tulis BMKG di laman websitenya.

Ya, peristiwa memerahnya piringan bulan saat fase totalitas ini bakal berakhir pada pukul 04.13 WIB, yaitu ketika piringan bulan mulai memasuki kembali penumbra bumi. Gerhana sebagian berlangsung selama hampir 4 jam, tepatnya sekitar 3 jam 55 menit. Sementara itu, durasi totalitas, yaitu dari fase gerhana total mulai hingga gerhana total berakhir, berlangsung selama 1 jam 43 menit.(etk/rid)

 



 
Malam Ini, Gerhana Bulan Total Terpanjang Menyapa Indonesia


Berita Terbaru
Berita Lainnya



Klik! View Mobile Edition

Advertorial