Senin, 25 Juni 2018
Home / Kosmo Politan / Siap-siap, 30 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran!

Siap-siap, 30 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran!

Jakarta- Dalam hitungan hari,  tradisi mudik lebara untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri bakal dimulai di Indonesia.  Ya,  Kementerian Perhubungan memperkirakan, jumlah pemudik tahun ini akan menembus angka 30 juta jiwa.

Para pemudik ini bakal terbagi dengan menggunakan jalur darat, laut maupun udara.  Khusus di darat,  pilihanya ada di kendaraan roda dua,  kendaraan pribadi roda empat atau kendaraan umum. 

Ya,  guna mengatasi lonjakan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini,  Kemenhub terus melakukan persiapan.

Empat ribu bus disiapkan untuk fasilitas mudik gratis Lebaran 1439 H tahun ini. Selain itu, kapal laut dan tiga kapal roro jurusan Jakarta- Semarang, Jakarta-Lampung, serta Jakarta-Surabaya.

 Kasubdit Angkutan Barang, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Deni Kusdiana menuturkan, jumlah angkutan itu disediakan oleh Kemenhub, BUMN, dan swasta.

‘’Dari swasta dan BUMN, ada tiga ribu bus untuk tujuan berbagai tempat di Indonesia.Sementara Kemenhub menyiapkan 1.130 bus. Jadi cukup besar kapasitas mudik gratis 2018. Motor pemudik diangkut dengan truk dan kapal,’’ katanya di Semarang belum lama ini. 

 Bahkan,  Kapasitas angkut kapal untuk sepeda motor juga ditingkatkan.Jika pada 2017 mengangkut 2.300 motor, tahun ini naik menjadi 15 ribu unit. Jumlah penumpag dari 5 ribu menjadi 30 ribu.

 ‘’Total untuk jumlah keseluruhan angkutan mudik untuk sepeda motor baik jalur darat dan laut naik. Pada 2017 kapasitas angkutan mudik sepeda motor oleh Kemenhub 19 ribu dan tahun ini menjadi 39 ribu. Jumlah orang dari 46 ribu menjadi 87 ribu,’’ ungkapnya.

Pada bagian lain,  pihaknya menyebut volume kendaraan pemudik diperkirakan bisa mencapai setidaknya 12,4 juta unit bahkan lebih. 

Menurutnya, kendaraan pemudik bakal didominasi roda dua. Kemudian, kendaraan pribadi roda empat. Hal itu didukung pembangunan tol di Pulau Jawa. ‘

’Lonjakan pemudik dengan sepeda motor mencapai 33 persen,  Pemudik dengan roda empat naik 28 persen,” katanya.

Untuk mengatasi kepadatan, pihaknya menyarankan agar pemudik tidak hanya menggunakan jalan tol. Melainkan jalur-jalur alternatif lain, seperti Pantura bisa digunakan untuk memecah kepadatan. 

Terpisah,  Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub Budi Setiadi menyebutkan,  tahun ini pengguna kendaraan pribadi pada arus mudik Lebaran diprediksi naik sekitar 27 persen dibandingkan tahun lalu. 

"Kami sebenarnya berupaya memindahkan para pemudik dari menggunakan kendaraan pribadi ke kendaraan umum," ujar Budi, Kamis (17/5/18) lalu di Jakarta. 

Untuk itulah tahun ini pemerintah mengaku telah mempersiapkan ruang yang lebih besar untuk angkutan bus antar kota antar provinsi (AKAP). Jika pada tahun 2017 lalu disediakan kapasitas angkutan jenis bus hingga 7,95 juta penumpang, pada tahun ini naik hingga mencapai 8,09 juta penumpang.

Selain menambah kapasitas bus penumpang, Kemenhub juga memberikan fasilitas mudik bareng gratis kepada 50.000 orang.

Selain bus, angkutan favorit masyarakat saat mudik adalah kereta api. Pada tahun ini diperkirakan penumpang kereta api akan meningkat 4 persen dari jumlah tahun lalu yang mencapai 3,9 juta penumpang.

Tidak salah jika kemudian PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebut, sebagian besar tiket kereta api untuk arus mudik dan balik sudah habis terjual. Untuk melayani permintaan yang terus naik, PT KAI akan menyiapkan 16 rangkaian kereta tambahan dari Jakarta ke berbagai tujuan.

Sedangkan untuk angkutan pesawat udara. Pada tahun ini, Kemhub memperkirakan penumpang pesawat udara selama arus mudik dan balik mencapai 5,85 juta penumpang.Jumlah itu naik sekitar 10,78 persen dari 2017 yang mencapai 5,29 juta penumpang.

Pada bagian lain,  Dirjen Perhubungan Udara Kemhub Agus Santoso mengatakan, meski diprediksi meningkat, tapi calon penumpang tak perlu khawatir. 

"Maskapai penerbangan sudah mengalokasikan 7,2 juta tempat duduk bagi para pemudik tahun ini, "ucapnya. (ktn/sur/dit)
Siap-siap,  30 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran!



Klik! View Mobile Edition

Advertorial