Jumat, 22 November 2019
Home / Iklan/ADV / DPRD Usulkan 37 Raperda di Tahun 2017

DPRD Usulkan 37 Raperda di Tahun 2017

Senator.co.id - Rapat paripurna DPRD Provinsi Lampung dalam rangka penetapan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) provinsi Lampung tahun 2017.

Paripurna digelar di gedung DPRD Lampung pada Jumat (25/11) siang.

Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal, yang dihadiri 61 anggota DPRD Lampung, Sekwan dan satuan kerja terkait.

Juru bicara Zelda Yati, dari komisi IV menyampaikan, atas nama Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menyampaikan hasil penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2017 untuk ditetapkan dalam sidang paripurna pada hari ini.

Bahwa sesuai dengan Pasal 96, Pasal 97 dan Pasal 98 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dijelaskan tentang fungsi DPRD sebagai pembentuk peraturan daerah, dimana fungsi pembentukan peraturan daerah dikoordinasikan melalui Program Pembentukan Peraturan Daerah.

Selanjutnya berdasarkan ketentuan Pasal 10 ayat (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah dinyatakan bahwa penyusunan dan penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah dilakukan setiap tahun sebelum Penetapan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi. Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Provinsi Lampung telah menyusun dan menetapkan rancangan peraturan daerah yang masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2017.

Oleh karena itu, Zelda Yati menyampaikan dalam rangka penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah tahun 2017, Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Provinsi Lampung telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung melalui Biro Hukum., dimana untuk Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2017 terdapat 37 rancangan peraturan daerah (Raperda) yang menjadi prioritas dalam Pembentukan Peraturan Daerah dengan rincian sebagai berikut : . 3 Raperda Prakarsa Eksekutif, 7 Raperda Usul Inisiatif DPRD Provinsi Lampung dan 27 Raperda luncuran yang merupakan Rancangan yang sedang dan/atau belum selesai dibahas pada tahun sebelumnya.

Zelda Yati melanjutkan, Raperda Prakarsa Eksekutif dalam program pembentukan Peraturan daerah (Perda) tahun 2017 adalah sebagai berikut:

1. Raperda tentang Bangunan Gedung Hijau;

2. Raperda tentang Pembentukan dan Penyertaan Modal Pemerintah Provinsi Lampung pada PT.Penjamin Kredit Daerah Pemerintah Provinsi Lampung dan
3. Raperda tentang Penanaman Modal.

Sedangkan 7 (tujuh) Rancangan Peraturan Daerah Usul Inisiatif DPRD Provinsi Lampung dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah terdiri dari :

1. Raperda tentang Panas Bumi untuk pemanfaatan secara langsung (usul Bapemperda);

2. Raperda tentang pedoman pengakuan dan perlindungan masyarakat adat di Provinsi Lampung (usul Komisi I);

3. Raperda tentang Perubahan Peraturan daerah nomor 3 tahun 2015 tentang bantuan hukum untuk Masyarakat Miskin (usul Komisi I);

4. Raperda tentang sharing pembiayaan perlindungan sumber air antara daerah penghasil dan daerah konsumsi (usul Komisi II);

5. Raperda tentang Obligasi Daerah (usul Komisi III);

6. Raperda tentang Zonasi Energi Sumber Daya Mineral (usul Komisi IV);

7. Raperda tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Menengah Provinsi Lampung (usul Komisi V).

"Sidang Paripurna yang kami muliakan pada kesempatan ini, Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Provinsi Lampung mengharapkan kepada seluruh pihak terkait agar dapat memberikan masukan/ saran yang bersifat konstruktif demi sempurnanya produk hukum yang masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2017 untuk selanjutnya dilakukan pembahasan,"kata Zelda Yati.

Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Lampung diketuai Fauzan Sibron, wakil ketua Lazuarsi Alwi, Sekretaris DPRD Lampung, anggota Watoni Noerdin, Akhmadi Sumaryanto, Ketut Erawan, Apriliati, Sugiharto, AW, Ko Marhaen Agus Revolusi, Amaluddin, Andika Wibawa, I Made Suarjaya, M.Thaib Husin, Miswan Rody, Mardani Umar, Suprapto dan Zelda Yati. (Adv)

DPRD Usulkan 37 Raperda di Tahun 2017