Senin, 14 Oktober 2019
Home / Iklan/ADV / Laporan Hasil Reses Anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil VIII Kabupaten Lampung Timur Tanggal 15-20 September 2015

Laporan Hasil Reses Anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil VIII Kabupaten Lampung Timur Tanggal 15-20 September 2015

https://scontent-hkg3-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xlf1/v/t1.0-9/12191991_10204856894768755_5894648922311599315_n.jpg?oh=3760de79d25d716d5168a3fae41ae951&oe=56D31973

PENDAHULUAN
Dengan adanya kegiatan RESES ini mudah–mudahan dapat menjembatani keinginan dan aspirasi masyarakat, khususnya Kabupaten Lampung Timur untuk disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Lampung agar dapat di tindaklanjuti sesuai dengan prosedur dan skala prioritas agar tercapai pemerataan pembangunan di segala bidang.

DASAR
1. Peraturan Daerah Provinsi Lampung Tahun 2014 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Lampung TA. 2015;
2. Peraturan Daerah Provinsi Lampung Tentang Kedudukan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD Propinsi Lampung;
3. Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Lampung Nomor 1 Tahun 2014 pasal 63 ayat (5) dan ayat (6);
4. Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Lampung Tentang Susunan Pimpinan dan Keanggotaan Komisi-komisi DPRD Provinsi Lampung;
5. Keputusan Rapat Badan Musyawarah DPRD Provinsi Lampung Nomor 106/Bd.Musy/13.01/2015 tanggal 14 Sebtember 2105 tentang Reses Anggota DPRD Provinsi  Lampung;
6. Keputasan Pimpinan DPRD Provinsi Lampung Nomor 20/k.Pimp/13.01/2015 tanggal 14 September 2015 tentang Reses Anggota DPRD Provinsi Lampung;
7. SPPD NO 2232/SPPD/IX/2015 dan SPPD 2233/SPPD/IX/2015.
8. Surat Pimpinan DPRD Provinsi Lampung Nomor 127/pimp/13.01/2015 tanggal 13 Oktober 2015 perihal laporan hasil reses.

JADWAL
Kegiatan Reses dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 20 September 2015 di Kabupaten Lampung Timur.

PESERTA RESES

1. Hj. MEGA PUTRI TARNIZI, SE., MM. | F. GOLKAR
2. Hi. NOVERISMAN SUBING, SH. | F. PKB
3. ASMARA DEWI, SH. | F. PAN
4. Hi. GARINCA REJA PAHLEVI, S.i.Kom. | F. DEMOKRAT
5. KETUT ERAWAN | F. PDI-P
6. Ir. YANDRI NAZIR.MM. |  F. DEMOKRAT
7. Hi. EDDI HAMIM, SE. MBA. | F. GERINDRA
8. Drs. ABDUL HARIS | F.PPP
9. MINGRUM GUMAY, SH.| F.PDI-P

PELAKSANAAN KEGIATAN
Dalam masa reses kali ini, Anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil VIII melakukan beberapa pertemuan dan kunjungann ke lapangan yang menghasilkan beberapa masukan dan informasi yang berharga antara lain sebagai berikut :
1. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur  pda tanggal 26 mei 2015 telah melakukan kegiatan Sosisalisasi Tahapan dan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Timur tahun 2015.
2. Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan berharap bakal calon, baik yang dikukung oleh Parpol atau jalur perseorangan, partai politik, dan semua warga masyarakat mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang tahapan dan prosedur pencalonan bupati dan wakil bupati pada Pilkada tahun ini.
3. Kegiatan ini diikuti oleh segenap perwakilan dari partai politik tingkat kabupaten, bakal calon bupati dan wakil bupati, juga Panwaskab Lampung Timur.
4. Diharapkan kepada semua pihak yang terlibat dalam Pesta Demokrasi, Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Lampung Timur untuk bersama-sama memegang komitmen demi suksesnya pemilihan dengan berpedoman dengan Peraturan Perundangan-Undangan yang berlaku.
5. KPU Lampung Timur telah menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati pada tanggal 24 Agustus 2015, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan KPU Lampung Timur nomor 42/Kpts/KPU.Kab.008.435605/2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Yang Memenuhi Persyaratan Menjadi Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Tahun 2015.
6. Kemudian pada tanggal 25 Agustus 2015 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur melakukan Pleno Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Calon yang juga dihadiri oleh ke tiga pasang calon berikut Parpol pendukung dan tim kampanye masing-masing calon.
7. Hasil pengundian adalah :
  Nomor Urut 1, Pasangan Calon Yusran Amirullah dan Drs. Sudarsono, M.Si. yang diusung oleh Partai Nasdem, Partai Gerindra, dan Partai Golkar.
  Nomor Urut 2, Pasangan Calon Chusnunia, M.Si., M.Kn. dan Zaiful Bukhari, ST., MM. yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat.
  Nomor Urut 3, Pasangan Calon Erwin Arifin, SH., MH. dan Priyo Budi Utomo, S.Hut. yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN).
8. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur telah membagi jadwal kegiatan dan zona kampanye untuk masing-masing pasangan calon. Zona tersebut terbagi dalam 3 wilayah.
9. KPU mengharapkan pasangan calon dapat mengikuti jadwal dan zona kampanye yang sudah kami tetapkan, demi menjaga ketertiban, hak-hak setiap peserta, dan menghindari terjadinya kegaduhan antar pendukung pasangan calon.
10. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah menganggarkan dana bagi KPU Kabupaten Lampung Timur dalam penyelenggaraan pilkada sebesar Rp17,5 miliar, dan dari anggaran tersebut akan ditambah kembali dalam anggaran perubahan sebesar Rp7,5 miliar. total anggarannya sekitar Rp 25 miliar. Anggaran tersebut. sebanyak Rp14,5 miliar akan digunakan untuk membiayai PPK, PPS, dan KPPS, dan untuk logistik pilkada sebesar Rp2,5 miliar.
11. Kabupaten Lampung Timur masih terdapat sejumlah permasalahan terkait tingkat partisipasi pemilih. dari data terakhir pada pilpres yang lalu terdapat 56 desa yang memiliki tingkat partisapi rendah dalam pemilu presiden itu yang mencapai kurang dari 65 persen
12. Panwaslu Kabupaten Lampung Timur mengalami kesulitan dalam menertibkan atribut kampanye. Hal tersebut dikarenakan belum mencukupinya tenaga dalam pelaksanaan penertiban tersebut. Oleh karena bukan hanya Panwas saja yang memiliki tanggung jawab untuk mengawasi seluruh tahapan pilkada maka diharapkan masyarakat juga ikut terlibat dalam mengawasi pelaksanaan kampanye pilkada.
13. Dalam rangka peningkatan kualitas dari aparatur Pegawai Negeri Sipil di Jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur maka diusulkan untuk meminta lebih banyak alokasi diklat bagi aparatur di Lampung Timur kepada Badan Diklat Daerah Provinsi Lampung
14. Masyarakat menginginkan perbaikan jalan Desa Belimbing Sari  Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur dikarenakan jalan tersebut sangat memprihatinkan kondisinya.
15. Masyarakat di Kabupaten Lampung Timur mengharapkan Pemerintah Provinsi untuk lebih banyak melakukan pelatihan kerja di Kabupaten Lampung Timur dalam rangka menekan jumlah pengangguran.
16. Masyarakat di Kabupaten Lampung Timur mengharapkan untuk segera difungsikannya waduk yang ada di Jabung Lampung Timur untuk keperluan irigasi pertanian dan budidaya perikanan.

KESIMPULAN

Dari hasil Reses Dapil VIII Lampung Timur dapat di ambil kesimpulan antara lain bahwa :
1. Infrastruktur jalan di Kabupaten Lampung Timur dalam kondisi yang cukup memprihatinkan dan sangat membutuhkan penanganan secepatnya antara lain ruas jalan yang diusulkan yaitu jalan Desa Belimbing Sari  Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur.
2. Kepada Pemerintah Provinsi Lampung untuk memberikan bantuan Pelatihan Kerja kepada masyarakat Kabupaten Lampung Timur guna menekan jumlah pengangguran yang pada gilirannya dapat mengurangi jumlah kriminalitas di Kabupaten Lampung Timur. Karena tidak dipungkiri, dengan banyaknya jumlah pengangguran turut mendongkrak peningkatan jumlah kriminalitas di suatu daerah.
3. Untuk pengoperasian waduk di Lampung Timur diharapkan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung untuk berkomunikasi secara intens dengan balai yang menanganinya.

REKOMENDASI
Untuk itu Anggota DPRD Provinsi Lampung Daerah Pemilihan VIII Kabupaten Lampung Timur, mengajukan rekomendasi prioritas pembangunan infrastruktur, fasilitas pendidikan dan kesehatan serta usulan prioritas lainnya yang di ajukan oleh masyarakat Kabupaten Lampung Timur sebagaimana terlampir. 

PENUTUP
Demikian hasil laporan reses daerah pemilihan VII Lampung Timur agar kiranya dapat menjadi acuan dalam pengesahan APBD Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2016 yang akan datang.

 

RESES ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI LAMPUNG
DAERAH PEMILIHAN VII KABUPATEN LAMPUNG TIMUR




WAKIL KETUA

Dto

Hi. NOVERISMAN SUBING, SH.

Laporan Hasil Reses Anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil VIII Kabupaten Lampung Timur Tanggal 15-20 September 2015


Berita Terbaru
Berita Lainnya