Jumat, 22 November 2019

Gara-gara Pilpres, Indonesia Bakal Rusuh?

Gara-gara Pemilu 2019 Indonesia bakal rusuh?  Saya rasa tidak!  Karena pada prinsipnya, ratusan juta jiwa-jiwa rakyat Indonesia sangat mencintai negeri ini, bangsa yang dulunya terkenal dengan gemah ripah loh jinawi. Mereka ingin hidup di nusantara ini dengan damai, aman, sejahtera, makmur juga berkeadilan.

Dengan catatan semua elememen penyelenggara pemilu mulai dari Hulu hingga hilir , menjadi wasit yang menjalankan tugasnya secara profesional, jujur,  dantidak memihak.

Untuk pilpres harus menjadi perhatian ekstra khusus,  kalau saja KPU RI dianggap berat sebelah, masalah bisa jadi runyam. Ini melibatkan ratusan juta suara rakyat Indonesia.

Saat ini,  KPU RI dituntut untuk bisa menyuguhkan data secara valid di laman resminya guna melakukan penghitungan suara hasil pemilu. 

Ini yang mesti mendapat perhatian serius,  KPU RI harus bisa menginput data jumlah suara secara benar.  Jangan sampai suara yang telah diinput merugikan salah satu pasangan calon lantaran adanya perbedaan jumlah suara yang berasal dari masing-masing TPS berdasarkan lembaran C1 dengan yang terinput di website penghitungan suara KPU RI.

 ( Ini patut menjadi catatan serius bagi KPU karena ada contoh kasus di salah satu TPS KotA Dumai,  Riau. Jumlah suara yang diinput jauh berbeda dengan jumlah suara yang tertulis di lembar C1, kebetulan yang dirugikan adalah suara paslon 02 Prabowo-Sandi - saya berharap KPU tidak melakukan ini dengan kesengajaan-) 

Saat ini KPU dan Bawaslu RI sedang diuji oleh rakyat. Terlebih setelah dalam beberapa hari terakhir terjadi perdebatan tajam terkait independensi sejumlah lembaga survei yang telah mengeluarkan hasil Quick Count. 

Satu-satunya cara untuk menenangkan rakyat adalah dengan menunjukkan independensi dan profesionalitas KPU juga Bawaslu. Jangan sampai ada yang ditutup-tutupi, jangan sampai bermain api. 

Ini memang jadi ajang pertaruhan,  kalau  penyelenggara pemilu,  khususnya KPU lulus ujian, rakyat bakal tenang. Namun,  jika sebaliknya yang terjadi,  hanya Tuhan yang tahu apa yang bakal terjadi. 

Gara-gara Pilpres, Indonesia Bakal Rusuh?