Jumat, 20 September 2019
Home / Demokrasi / Mulai Petakan Kekuatan

Mulai Petakan Kekuatan

GUNUNGSUGIH - Partai besutan Prabowo Subianto dan Muhaimin iskandar, kemungkinan besar melakukan koalisi dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Lampung Tengah, yang akan dilaksanakan pada 2015 mendatang.
Pasalnya mantan wakil bupati setempat yang kini terpilih sebagai wakil rakyat menjadi salah satu kandidat calon yang diajukan DPC Gerindra Lampung Tengah untuk berkompetisi menduduki BE 1 G. Akan tetapi walau dibawah banyak peluang untuk koalisi namun, pemegang keputusan ada di DPP.
Ketua DPC Gerindara Kabupaten Lampung Tengah, Riagus Ria mengatakan bahwa akan ada kemungkinan PKB untuk berkoalisi dengan Gerindra pada pilkada Lampung Tengah nanti itu sah-sah saja dengan banyaknya partai bergambung peluang menang akan lebih besar.
’’Kami sendiri mendapatkan sembilan  kursi dewan. Itu saja sudah bisa mengangkat satu calon bupati apalagi ditambah PKB yang mendapatkan lima kursi tentunya akan bertambah kuat," kata Riagus Ria, kepada Senator Lampung kemarin (25/5).
Permasalahan calon di tubuh partai Gerindra banyak yang siap salah satunya caleg terpilih yang berasal dari dapil empat, yang juga akan jadi anggota dewan dari Partai Gerindra. Kemungkinan besar akan menycalonkan diri, karena. Akan tetapi meurutnya, walau ditingkat bawah memiliki rencana berkoalisi, namun semua keputusan ada pada DPP.
’’Iya, semua itu keputusan ada di tangangan DPP pusat. Kita nantinya hanya mengajukan saja, kita liat saja nanti apakah bisa koalisi dengan PKB atau tidak. Karena semua ada kemungkinan bukan hanya dari PKB dari partai lain pun tidak menutup kemungkinan, kita membuka selebar lebarnya untuk koalisi selama itu masih sesuai dengan aturan dan kesepakatan bersama," imbuhnya.
Sementara, mantan ketua DPC PKB Kabupaten Lampung Tengah, Ir. Midi Iswanto mengatakan bahwa, Koalisi untuk menyongsong pilkada pasti alan dilakukan, baik dengan Gerindra maupun partai lain. Hal itu dilakukan karena, saat ini PKB hanya memperoleh lima kursi, walau pendapatan kursi bertambah, mamun belum dapat mengusung calon sendiri.
"Kita hanya mendaptkan lima  kursi sedangkan untuk mengusung calon Bupati itukan harus delapan kursi minimal. Sehingga kalau PKB ingin mencalonkan diri nantinya itu harus bergabung dengan Partai lain," beber pria yang juga menjabat ketua Fraksi PKB Lampung Tengah.
Menurut Midi, hingga saat ini belum ada petunjuk dari DPP PKB, dan masih menunggu petunjuk dari pimpinan pusat. Untuk koalisi dengan Gerindra, menurutnya tidak menutup kemungkinan itu akan dilakukan."Kalau bupatinya dari Gerindra, bisa saja Wakil bupatinya dari kita," tandas Midi.
Pilkada Lampung Tengah tinggal satu tahun lagi, pada tahun 2015 akan ramai pertarungan untuk memperebutkan BE 1 G. Sedangkan partai yang jelas bisa mengunsung calon bupati dan wakil bupati ada tiga partai.(eza/ful)  Mulai Petakan Kekuatan


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial