Jumat, 20 September 2019
Home / Demokrasi / Lampung II Alot

Lampung II Alot


BANDARLAMPUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, mensahkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara partai politik dan perolehan suara calon anggota DPR RI untuk daerah pemilihan (dapil) Lampung II, Aceh I dan Aceh II. Sementara untuk dapil Lampung I masih ditunda pengesahannya.
’’Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kita tetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara DPR untuk Lampung II,” tandas anggota KPU, Ida Budhiati yang memimpin rapat tadi malam (4/5).
Selain itu, KPU juga mensahkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota DPD RI untuk provinsi Lampung dan Aceh.
Dengan disahkannya rekap untuk DPR RI di Lampung II, Aceh I dan Aceh II, artinya sudah 23 dapil dari 51 dapil yang telah dipresentasikan.
Selain itu, KPU juga telah mensahkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota DPD RI di 10 provinsi dari 23 provinsi yang telah dipresentasikan. Sementara rekapitulasi nasional akan dilanjutkan untuk Provinsi Banten, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, DKI Jakarta, dan Riau.
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Nazarudin Tongaratu membenarkan hal tersebut. ’’Sampai malam ini (pukul 22.25 WIB) kami belum mendapatkan keputusan dari Bawaslu RI. Proses rekapitulasi masih berjalan. Untuk DPR RI daerah pemilihan Lampung II sudah disahkan dan tidak ada masalah, begitu pula dengan DPD RI. Yang masih alot dan DPR RI dapil Lampung I,” ungkap Nazarudin kepada Senator Lampung tadi malam.
Ditambahkan, Nazarudin dari kronologis yang dipaparkan dalam rapat pleno rekapitulasi KPU RI, jelas Partai NasDem meminta adanya penghitungan ulang. Ini akibat adanya dugaan pengelembungan suara yang terditeksi dari selisih suara di Kabupaten Pesawaran yang khususnya yang terjadi di beberapa kecamatan seerti Kedondong, Way Rilau, Negerikaton, Way Lima, Tegineneng, termasuk Kecamatan Natar Lampung Selatan,” ungkap Nazarudin.
Saksi dari Partai NasDem berharap, KPU RI tegas dalam memberikan rekomendasi. ’’Ya salah satunya membuka formulir C1 plano. Desakan ini yang setidaknya membuat KPU harus menentukan sikap. Nah sikap yang akan diambil oleh KPU tentu merujuk pula pada rekomendasi Bawaslu RI. Karena sebagian keberataan atas temuan itu disampaikan pula ke Bawaslu RI,” papar Nazarudin.
Sementara Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono ketika dimintai keterangan apakah dengan rekomendasi Bawaslu nantinya KPU akan melakukan penghitungan ulang khususnya pada objek permintaan pihak saksi dari Partai Nasdem? Nanang mengatakan semua sudah diterima oleh KPU RI. ’’Untuk rekomendasi Bawaslu RI segera diterima. Kita belum tahu keputusannya,” singkat Nanang. (coy/ful)
Lampung II Alot


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial