Jumat, 20 September 2019
Home / Demokrasi / Relawan Amal Berguna Merapat ke Berlian-Mu

Relawan Amal Berguna Merapat ke Berlian-Mu

BANDARLAMPUNG - Tak mau larut dengan mundurnya Amalsyah Tarmizi-Gunadi Ibrahim (Amal Berguna) sebagai bakal calon gubernur-wakil gubenur dari jalur independen, puluhan relawan dari Kabupaten Way Kanan dan Lampung Utara mengambil sikap tegas.  
Mereka bergerak, berbalik arah dengan mendukung mendukung pencalonan pasangan cagub-cawagub Berlian Tihang-Mukhlis Basri (Berlian-Mu). Sikap dukungan ini, tertuang dalam surat tertulis yang langsung diserahkan ke Berlian Tihang.   
 Hendra Setiadi, salah satu keluaraga Berlian Tihang mengaku, sekitar pukul 20.00 WIB, tujuh relawan dari Way Kanan, dan 17 relawan dari Lampung Utara, bertemu dengan Berlian dan menyerahkan surat dukungan tersebut.
’’Dari pengakuan yang kami terima, mereka awalnya adalah koordinator pemenengan bapak Amalsyah-Gunadi,” ujar Hendra Setiadi yang juga wakil ketua DPRD Lampung Utara itu, kepada Senator Lampung tadi malam (24/3).
Hendra menuturkan, sebelum bertemu dengan Berlian Tihang, relawan-relawan tersebut, meminta petunjuk kepada dirinya untuk bisa bertemu dan bertatap muka dengan calon gubernur yang diusung PDI Perjuangan, PKB, PPP dan PKPI itu.
’’Mereka meminta arahan, untuk bisa bertemu. Kebetulan saja, saya kerabat dari Berlian. Saya berikan informasi, lalu mereka bertemu malam ini. Sekitar satu jam lalu, pertemuannya berlangsung,” ungkapnya.
Lalu apa isi surat dukungan tersebut, Hendra pun membacakan surat tersebut dengan seksama. ’’Kepada yang terhormat pasangan calon gubenur-wakil gubernur Berlian Tihang-Mukhlis Basri. Sehubungannya mundurnya Amalsyah Tarmizi-Gunadi  Ibrahim, maka dengan ini pemenangan tim Amalsyah Lampung Utara dan Way Kanan menyatakan mendukung Berlian Tihang-Muklis Basri dan siap memenangkan pasangan ini sebagai calon gubernur periode 2014-2019. Demikian surat ini kami sampaikan tanpa ada tekanan atau paksaan dari pihak mana pun,” kutip Hendra.
Siap saja yang menandatangani surat tersebut? Hendra pun mengatakan, dari sederet nama yang membubuhkan tanda tangan itu diantaranya, Kelik, W.P S.Sos, A Syarif Mawardi, Drs. Wodoyono, Putu Suwiarie Jaya, Bisri Mustofa, Darma Arifan Jaya.
’’Itu diantara sederet nama yang bisa saya sebutkan. Dukungan mereka sepertinya sudah diniatkan kami tidak mendesain ini,” ungkap kader Partai Gerindra itu.
Sekadar diketahui, sebelumnya dua cagub yakni Herman H.N dan Alzier Dianis Thabranie melakukan pendekatan terhadap Partai Gerindra. Namun, langkah keduanya seakan sirnya setelah munculnya pernyataan dari Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono yang menyebut Partai Gerindra tidak dapat mengusung calon gubernur. ’’Sejak dari awal Partai Gerindra tidak mendukung salah satu calon. Beda persoalan jika dukungan itu secara pribadi bukan atas nama partai,” kata Nanang.
Sementara akademisi Universitas Lampung, Dedi Hermawan mengungkapkan, kesempatan Partai Gerindra dalam konteks pilgub, hanya sebatas dukungan politik kepada pasangan tertentu. ’’Diluar itu sudah tertutup," kata Dedi.
Saat disinggung apakah Partai Gerindra tidak boleh ikut kampanye pilgub dan membawa atribut partai saat kampanye, Dedi menuturkan, Secara logika, Partai Gerindra mendukung calon independen, maka ketika calonnya mundur, maka Gerindra off dari prosesi pilgub. ’’Ya tinggal dicek aja secara peraturan soal tersebut,’’ sarannya.
Terpisah, akademisi Fakultas Hukum Unila, Budiono membenarkan jika Partai Gerindra tidak dapat mengusung cagub pada pilgub mendatang. ’’Partai Gerinda memang tidak dapat mengusung calon, karena dukungnya sudah diberikan kepada Pak Almasyah. Tetapi secara politik sah-sah saja memberikan dukungan kepada salan satu cagub. Secara etika apakah ini tidak mengingkari kesepakatan dengan Pak Almasyah," ungkapnya.
Budiono menyarankan, sebaiknya Partai Gerindra memberikan kebebasan kepada para pendukungya untuk memilih calon sesuai dengan hati nuraninya.  Ditegaskan, Partai Gerindra tidak boleh mendukung secara formal. Karena dukungan secara formal sudah diberikan kepada calon gubernur independen pada saat mendaftar sebagai cagub.
Hingga tadi malam, wartawan koran ini, belum dapat meminta penjelasan dari Berlian Tihang. ’’Bapak saat ini sedang bertemu pak gubernur,” ungkap salah satu tim suksesnya ketika dihubungi. (ful)
Relawan Amal Berguna Merapat ke Berlian-Mu


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial