Jumat, 20 September 2019
Home / Demokrasi / Lampung Aman, 35 Caleg DPD Dicoret

Lampung Aman, 35 Caleg DPD Dicoret

BANDARLAMPUNG - Komisi Pemilihan Umum mencoret keikutsertaan 35 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  sebagai calon peserta Pemilu Tahun 2014. Pembatalan itu merupakan sanksi karena para peserta pemilu yang tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye sampai batas yang ditentukan.
Menurut Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, pencoretan dilakukan sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilihan Umum Anggota  DPR, DPD dan DPRD.
’’Peraturan KPU tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum anggota DPR, DPD, dan DPRD,” ujarnya kemarin (16/3).
KPU menyilakan para calon anggota DPD yang didiskualifikasi ke Bawaslu untuk menempuh jalur hukum. Ferry mengatakan bila gugatannya akan diterima Bawaslu maka pihaknya siap untuk mengakomidir kembali pada calon yang didiskulifikasi.
Terpisah Komisioner KPU Lampung Edwin Hanibal mengatakan, hingga tadi malam belum ada informasi terkait pencoretan caleg DPD berasal dari Lampung.
’’Setahu saya belum ada. KPU RI hanya menginformasikan bahwa logistik untuk surat suara DPD sudah sampai di KPU Bandarlampung, sementara logistik lainnya baru Kota Metro dan Lampung Timur seperti surat suara caleg DPR RI. Untuk daerah lain menyusul,” kata Edwin lewat sambungan telepon.
KPU sambung Edwin meminta kepada komisioner baik kota maupun kabupaten segera melaporkan jika ada kekurangan logistik maupun ada hal-hal yang sifatnya penting diinformasikan. ’’Misalnya logistik kurang atau cacat, ini perlu diperhatikan kembali. Segera informasikan karena akan ditindaklanjuti,” paparnya. (ful/jpnn/ful)     
  Lampung Aman, 35 Caleg DPD Dicoret


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial