Minggu, 20 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Abdul Hakim Dorong Pelestarian Seni Bela Diri Daerah

Abdul Hakim Dorong Pelestarian Seni Bela Diri Daerah

BANDAR LAMPUNG -- Calon Anggota DPD RI Nomor Urut 22 KH. Ir. Abdul Hakim, MM. berkomitmen mendorong upaya pelestarian seni bela diri daerah, khususnya seni bela diri Keratuan Lampung. Hal ini ia sampaikan saat menyambangi markas Paguyuban Keratuan Lampung di Rajabasa, Bandar Lampung, Kamis (4/3/19).

Dalam kesempatan diskusi bersama pengasuh Paguyuban Keratuan Lampung Toni M. Zakaria, Abdul Hakim menegaskan komitmennya untuk turut mengembangkan kekayaan ragam budaya daerah dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan.

"Masyarakat Indonesia khususnya Lampung baik pemuda maupun orang tua, ayo kita sama-sama melestarikan kesenian dan budaya daerah. Ini adalah kearifan lokal yang harus di jaga dan dikembangkan serta menjadi identitas bagi daerah," ujar Abdul Hakim.

Abdul Hakim mengatakan Lampung memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, untuk bela diri saja, setidaknya ada 774 seni bela diri khas Bumi Ruwa Jurai. Ia berpesan kepada seluruh masyarakat Lampung khususnya pemuda untuk belajar lebih dalam tentang kebudayaan agar budaya lokal tidak tergerus arus modernisasi.

Sebagai wilayah yang kerap disebut "miniatur Indonesia", beragam kebudayaan tumbuh dan berkembang di Provinsi Lampung. Melihat hal itu Abdul Hakim justeru tak ingin khazanah kebudayaan asli etnis Lampung menjadi terkikis.

"Jangan sampai identitas budaya tergerus modernisasi. Ini PR kita bersama. Saya bersyukur masih banyak paguyuban-paguyuban dan komunitas-komunitas yang tidak lelah berjuang menjaga nilai dan seni budaya lokal," ujar Abdul Hakim.(dim) 
Abdul Hakim Dorong Pelestarian Seni Bela Diri Daerah


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial