Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Enam Anggota Panwas Dirumahkan

Enam Anggota Panwas Dirumahkan




KOTABUMI - Enam anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lampung Utara (Lampura) terpaksa  dirumahkan, pasalanya, kinerja dan intergritasnya diragukan. keenam Panwascam tersebut tersebar di Empat Kecamatan yakni Kotabumi, Kotabumi Utara, Abung Selatan dan Hulu Sungkai.
"Di Kecamatan Kotabumi Dan Kotabumi Kota masing-masing Dua orang. Sisanya di Kecamatan Hulu Sungkai dan Abung Selatan masing-masing satu orang," ujar Ketua Panwaslu Lampura Johansyah Mega, kemarin (14/1).
Ditambahkan, alasan dirumahkan Enam anggota Panwascam tersebut bervariasi, mulai dari mengundurkan diri hingga Rendahnya kinerja anggota Panwascam tersebut."Ada yang mengundurkan diri, ada yang kinerjanya lemah bahkan ada juga yang jarang masuk kerja," kata Johan.
Johansyah berharap, Panwascam bersama dengan PPL yang ada agar dapat lebih giat lagi meningkatkan kinerjanya sehingga pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dapat berjalan sesuai harapan masyarakat.
"Kepada Seluruh Panwascam agar mereka dapat bekerja secara maksimal khususnya di bidang pengawasan dalam tahapan Pileg dan Pilpres mendatang," bebernya.
Dirinya juga meminta agar seluruh jajaran pengawas pemilu untuk tetap indefenden dan tidak ikut-ikutan mendukung salah satu Caleg."Kalau pengawas pemilu terlibat aksi dukung mendukung terpaksa kita ganti, karena pengawas pemilu adalah lembaga indefenden," harap Johan.
Panwascam, kata dia, harus memahami  Undang-Undang nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD, dan peraturan Bawaslu nomor 13 dan 14 tahun 2012, juga PKPU Nomor 07 Tahun 2012 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD.
"Perlu diketahui pula peraturan tentang tahapan pemilu dalam hal ini Panwascam musti paham dan mengetahui undang-undang tentang pemilu, agar nanti Panwascam bisa melaksanakan tugasnya dengan benar dalam mengawasi tahapan kampanye pemilu." pungkasnya. (uci/ful)

Enam Anggota Panwas Dirumahkan


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial