Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Kurang Sosialisasi, Banyak Warga Pulang dengan Tangan Kosong

Kurang Sosialisasi, Banyak Warga Pulang dengan Tangan Kosong

Sebanyak 374 warga Kelurahan Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) mengantre di Kantor Pos Jatinegara, Jalan Matraman Raya, untuk mencairkan dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM), Sabtu pagi (22/6).

Dari pantauan Rakyat Merdeka Online , mulai pukul 08.00 WIB tadi sekitar 20 petugas kantor pos memeriksa KPS milik warga dan mengarahkan hingga dana tersebut cair. Penyaluran dana BLSM ini sebagai kompensasi atas kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang diumumkan pada Jumat malam (21/6).

Kepada wartawan, Kepala Kantor Pos Jatinegara, Mony Sulistioso mengatakan, untuk hari ini baru warga Bali Mester pemegang KPS yang mendapat dana BLSM. Sementara warga pemegang KPS yang tinggal di tujuh kelurahan lainnya, yakni Pal Meriam, Kebon Manggis, Kayu Manis, Kampung Melayu, Cipinang Besar Utara, Pisangan Baru, dan Rawa Bunga akan disalurkan dibagikan secara bergilir mulai Senin (24/6).

"Untuk Kantor Pos Jatinegara ini tercatat ada 8.985 pemegang KPS yang berhak mendapat dana BLSM," kata Mony.

Tapi, fakta yang ditemukan di lapangan banyak warga kelurahan lain yang datang dan mengaku tidak mengetahui pembagian BLSM secara bergilir.

Salah seorang warga bernama Mahdi misalnya. Pria berusia 45 tahun asal keluarahan Cipinang Besar ini sudah datang membawa istri dan anak, tapi ditolak Kantor Pos. Mahdi sempat beradu debat dengan pegawai pos yang mengatakan selain warga kelurahan Bali Mester maka tidak bisa untuk terima BLSM hari ini. Pegawai pos mengklaim bahwa pengumuman itu sudah dilakukan di kelurahan masing-masing.

"Kita nggak tahu, soalnya kelurahan juga nggak ada umumkan. Terpaksa kami pulang lagi, belum tahu juga kapan ambilnya. Mau tanya ke lurah dulu," tegas Mahdi kepada Rakyat Merdeka Online.

Mahdi tidak sendiri, puluhan warga yang berasal dari luar Kelurahan Bali Mester juga datang untuk mengambil BLSM. Namun mereka mengaku kurang sosialisasi terkait pembagian tersebut. Puluhan warga itu akhirnya pulang tanpa membawa uang tunai. [ald] Kurang Sosialisasi, Banyak Warga Pulang dengan Tangan Kosong


Advertorial