Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Pilgub Bareng Pileg Realistis

Pilgub Bareng Pileg Realistis


METRO - Wali Kota Metro Lukman Hakim kembali menegaskan dirinya pesimis pemilihan gubernur (Pilgub) Lampung bisa dilakukan pada 27 Februari ini.
Bahkan orang nomor satu di Bumi Sai Wawai ini menegaskan, jika ingin menyelenggarakan Pilgub yang sangat realistis dilakukan bersamaan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) pada tangga 9 April tahun ini.
’’Tidak mungkin Pilgub akan terjadi pada bulan Februari ini. Yang lebih realistis Pilgub sendiri dilakukan pada bulan April bertepatan dengan Pileg. Selain memiliki waktu yang cukup untuk KPU mempersiapkannya, juga mengefisienkan waktu masyarakat sehingga tidak berulang ulang kembali ke TPS melakukan pilihan,’’ ujar Lukman Hakim.
Lebih lanjut Lukman Hakim juga mengatakan bahwa untuk menggelar Pilgub perlu beberapa tahapan yang harus dilakukan KPU termasuk melakukan pengadaan kelengkapan logistik Pilgub.
’’Logistik untuk melakukan Pilgub kan harus diadakan. Untuk melakukan pengadaannya tentunya perlu proses dengan adminstrasi yang benar. Nah, jika dilakukan bulan Februari tentunya waktu tidak akan mencukupi bagi KPU untuk menyiapkan proses Pilgub tersebut,’’ ujarnya.
Lukman juga mengatakan tidak ada undang-undang yang melarang Pilkada dilakukan berbarengan dengan Pileg. Yang ada Undang Undang yang mengatakan Pilgub harus dilakukan enam bulan sebelum masa jabatan Gubernur habis.
Saat ditanyakan manakala KPU tidak bisa menyelenggarakan baik pada bulan Februari maupun saat Pileg? Lukman mengatakan jika itu tidak dilakukan tentunya Lampung akan dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur karena masa jabatan gubernur akan habis.
’’Jika kita dipimpin oleh Plt Gubernur tentunya masyarakat yang dirugikan. Sebab dari pengalaman terdahulu manakala Lampung dipimpin Plt terdapat kelemahan yaitu pembangunan tidak akan berjalan optimal. Karenanya, sebelum masa jabatan habis, Pilgub harus dapat dilaksanakan oleh KPU,’’ tandasnya.
Sebelumnya, Lukman Hakim yang juga merupakan calon wakil gubernur dari cagub Alzier Dianis Thabrani menyakini bahwa dirinya tidak menyakini bahwa  jadwal Pemilihan Gubernur yang ditetapkan oleh KPU Lampung yakni 27 Febuari 2014 bakal terlaksana. Mengapa? dikatakannya bahwa anggaran untuk Pilgub hingga saat ini belum disahkan. Terlebih juga, tenggat waktu yang ada tidak memungkinkan akan dilakukannya pilgub. (rnn/ful)

Pilgub Bareng  Pileg Realistis


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial