Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Rolling Sekretaris KPU Diprotes

Rolling Sekretaris KPU Diprotes



KOTABUMI - Langkah Bupati Lampung Utara Zainal Abidin dengan merolling posisi Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, berbuntut panjang. Terlebih seluruh komisioner belum mengeluarkan rekomendasi persetujuan adanya pergantian tersebut.
Alasannya, sederhana, domain posisi itu ada di tangan KPU Pusat dan dilantik bukan berdasarkan SK bupati. Nah, menyikapi permasalahan tersebut Rabu (8/1) seluruh Komisioner akan menggelar rapat pleno khusus membahas hal tersebut.
Menurut Komisioner KPU Lampura, Suheri, pihaknya Sabtu (4/1) telah menerima surat dari bupati Lampura mengenai adanya rolling tersebut. Namun demikian, pergantian tersebut juga ada tata cara tersendiri yang diatur oleh Undang-Undang atau peraturan yang ada dalam tubuh KPU.
Ia menyebut, bahwa pengangkatan dan pergantian seorang sekertaris berdasarkan surat keputusan KPU Pusat bukan bupati."Pada hari sabtu lalu kami sudah terima surat tersebut, dan Insya Allah kita akan membahas surat itu, yang akan dituangkan dalam bentuk berita acara," bebernya.
Apakah ini cacat hukum? dirinya enggan berkomentar karena memang penempatan pegawai yang ada di lingkungan Pemkab Lampura merupakan kewenangan bupati. Tetapi ia bersikuh bawah KPU juga ada tata cara tersendiri.
"Ini bukan masalah cacat hukum atau tidak dan saya tidak akan komentar masalah ini cacat hukum atau tidak, tetapi, KPU punya aturan sendiri dan ini belum kita jalankan, dan insya Allah besok kita rapat pleno, tunggu saja hasilnya besok," paparnya.
Lalu apakah komisioner akan menolak dengan keputusan ini, dirinya pun tidak ingin berandai-andai, karena acaranya akan digelar besok (hari ini-red) jadi apapun keputusan besok merupakan pernyataan resmi dari seluruh komisioner KPU Lampura.
"Saya tidak bisa berandai-andai, kita tunggu saja besok, apa hasil pernyataan kami besok, karena yang pasti besok kita akan tentukan pernyataan sikap dalam bentuk pernyataan tertulis hasil pleno,’’imbuhnya.
Sementara, Sekretaris KPU Firdaus mengakui pada Senin (6/1) namanya tercantum dalam daftar rolling tersebut, dan dirinya tidak menghadiri pelantikan tersebut. Dan dirinya saat ini masih bertugas di KPU Lampura, karena dirinya diangkat bukan melalui SK bupati tetapai SK KPU Pusat."Saat ini Saya masih tetap bertugas di KPU karena SK saya dari KPU pusat," kata Firdaus.
Namun demikian, dirinya juga tengah menunggu hasil rapat pleno yang dilaksanakan seluruh komisioner besok, dimana sikap mereka nantinya akan disampaikan kepada KPU pusat dan pemerintah daerah."Yang pasti kita tunggu dulu hasil rapat besok, ya kita saja hasilnya besok," singkatnya.
Untuk diketahui, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 41/2007, Tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah, sebagaimana telah beberapa kali diubah dan terakhir ditindaklanjuti dengan Perda Nomor 21/2011 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah.
Bupati Lampura melalui Sekretaris Daerah Rifki Wirawan melakukan rolling terhadap 74 pejabat eselon II dan III-a dan III-b. Dimana pada daftar tersebut terdapat nama Hi. Firdaus yang menjabat sekretaris KPU Lampura dialihtugaskan menjadi kasubag umum DPRD Lampura. (uci/ful)

Laporan : Rusli
Editor    : M. Syaiful Amri

Rolling Sekretaris KPU Diprotes


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial