Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Tak Terakomodir Cepat Lapor!

Tak Terakomodir Cepat Lapor!

MESUJI - Perhelatan pemilu legislatif pada 9 April 2014 semakin dekat, hal itulah yang membuat pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji harus bekerja ekstra keras dalam mempersiapkan tahapan pemilu termasuk merevisi Daftar Pemilih Tetap (DPT).
"Ya sebelumnya memang kita telah menetapkan DPT akan tetapi tidak berhenti sampai disitu, kami masih harus memperbaharui DPT agar tidak terjadi kekeliruan yang dapat menimbulkan konflik, sampai hari H pelaksanaan pemilu nanti," jelas Ketua KPU Mesuji, Novi Ramadhona, kemarin.
Masih dikatakan Novi, pada rapat pleno DPT 30 november 2013 lalu, berdasarkan dari 7 Kecamatan yang ada di Mesuji, hanya 75 desa tua yang  diakomodir oleh KPU jumlah mata pilihnya, yakni sebanyak 143 612 pemilih dan terdapat 391 TPS.Namun dari data tersebut, setelah kita lakukan revisi ulang, dan jumlahnya berkurang menjadi 143 595 pemilih, hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya ada yang meninggal dunia, serta terdapat pula data ganda baik antar kecamatan dan kabupaten.
"Mereka yang sebelumnya sudah terdaftar kemarin, bisa saja ada yang meninggal dunia, ada juga yang pindah dari wilayah Mesuji, atau baru menjadi warga, karenanya kami harus selalu melakukan pembaharuan DPT," imbuhnya.
Selain itu, pihaknya juga menghimbau apabila masih ada simpatisan parpol atau caleg  yang belum terakomodir sebagai peserta pemilih, maka dapat segera melapor ke PPS atau PPK tempat dimana mereka tinggal, agar segera dapat dimasukan ke daftar pemilih khusus (DPK), sampai batas waktu yang telah ditentukan KPU yakni sebelum tanggal 27 maret 2014 mendatang.

"Pada rapat pleno penetapan DPT yang dilaksanakan di Kantor KPU Senin (6/1) kemarin, turut hadir perwakilan dari beberapa Parpol yakni, PDIP, NasDem, PKS, Gerindra, PPP, Demokrat, Hanura. Sementara perwakilan dari PKB, Golkar, PAN, PBB tidak terlihat hadir pada pleno penetapan DPT kemarin," beber Novi. (nfl/ful)

Laporan : Naufal
Editor     : M. Syaiful Amri

Tak Terakomodir  Cepat Lapor!


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial