Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Alasan Anggaran, Proses Terhambat

Alasan Anggaran, Proses Terhambat



MESUJI - Polemik kekosongan jabatan wakil bupati Mesuji, yang sempat memicu gejolak dikalangan masyarakat terus saja berlanjut, meski sudah ada dua nama bakal calon yang diajukan. Dewan masih enggan memproses dengan alasan, belum ada dana. 
Ya, penyerahan surat usulan nama calon yang telah diserahkan ke pihak legislatif  (DPRD, red) oleh Bupati Mesuji, Khamami, yang notabene selaku Ketua DPP PDK provinsi Lampung. Hal itu pun diakui Ketua DPRD Mesuji, Haryati Candralela.
Lebih dalam menyampaikan, pihaknya sudah menerima surat usulan nama calon wakil bupati mesuji, yang diserahkan langsung oleh khamamik, kemarin (7/1).
’’Surat usulan nama calon sudah kami terima pada pertengahan bulan Desember 2013, dalam surat tersebut, terdapat dua nama calon. Untuk PDK sudah merekomendasikan calon wakil bupatinya, yakni saudara Ismail Ishak, sementara PDIP mengusung Hengki Aprianes," kata Haryati.
Masih dikatakan Haryati, sejauh ini pihaknya belum bisa melaksanakan pemilihan wakil kepala daerah, karena dana untuk pelaksanaan pemilihan wakil kepala daerah itu di anggarkan pada APBD murni 2014, saat ini pihaknya baru akan mengagendakan rapat paripurna pengesahan tata tertib (tatib) pemilihan wakil kepala daerah, yang rencananya akan dijadwalkan pada kamis (9/1) mendatang.
’’Sejauh ini, kami baru akan melakukan paripurna penyampaian RAPBD 2014, sekaligus pengesahan tatib pemilihan wakil kepala daerah,” kata dia.
Setelah tatib kita setujui, baru DPRD akan membentuk panitia pemilihan, yang akan kita setujui pada rapat paripurna berikutnya, setelah semua tahapan itu selesai.
”Barulah kita akan verifikasi berkas calon sembari menunggu dana untuk pemilihan yang di anggarkan pada APBD 2014, sementara sampai saat ini baru tahap penyampaian RAPBD nya saja," imbuhnya.
Ketika disinggung apakah pihaknya sudah menerima berkas kedua calon wakil kepala daerah itu, Haryati mengaku, pihaknya akan meminta kepada KPUD Mesuji  selaku lembaga teknis, untuk dapat membantu DPRD dalam melakukan tahap verifikasi berkas kedua calon wakil kepala daerah tersebut.
Terpisah, Ketua KPUD Mesuji, Novi Ramadhona, S.Sos., saat ditemui dikantornya mengatakan, pihaknya akan selalu siap membantu dalam tahapan pelaksanaan pemilihan wakil kepala daerah Mesuji. ’’Apabila diminta, kami akan selalu siap membantu DPRD dalam memverifikasi berkas calon," singkatnya. (nfl/ful)

Laporan : Naufal
Editor     : M. Syaiful Amri
Alasan Anggaran, Proses Terhambat


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial