Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Distribusi Tersendat

Distribusi Tersendat


KOTAAGUNG-LOGISTIK untuk keperluan Pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) hingga sekarang belum semuanya tiba di kabupaten Tanggamus, malah untuk Pilgub belum sama sekali tiba di Tanggamus, padahal waktu pesta Demokrasi kian dekat, khususnya Pilgub yang dijadwalkan Februari 2014.
Menurut komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus Pokja Logistik dan Distribusi KPU Tanggamus Karno Ahmad Satarya yang baru masuk ke Tanggamus adalah Bilik Suara sebanyak 3.760, itupun untuk ajang Pileg yang akan digelar April mendatang."Kalau Kotak suara sama form formulir kebutuhan Pileg hingga sekarang belum sampai ke kita yang baru masuk hanya bilik suaranya saja," kata Karno seusai rapat koordinasi pertama KPU Tanggamus, kemarin.
Dilanjutkan Karno, jika Kotak Suara yang akan digunakan untuk kebutuhan Pileg sebanyak 6.324 kotak, jumlah tersebut sesuai dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Tanggamus sebanyak 1.581, "Tiap satu TPS ada empat Kotak suara yakni untuk DPR RI,DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten," ungkapnya.
Dijelaskan Karno, jika logistik untuk kebutuhan Pileg dan Pilgub tidak bisa saling pakai, hal ini mengingat anggaran keduanya berbeda."Oh, tidak bisa digabungkan, sebab anggarannya berbeda, kalau Pileg menggunakan APBN, sedangkan Pilgub APBD Provinsi," terangnya.

Untuk Logistik dalam hajat pesta Demokrasi tersebut, lanjut Karno peran KPU Tanggamus hanya mendistribusikannya saja, sementara kewenangan penuh ada di KPU RI dan KPU Provinsi." Kalau kewenangan kita hanya mendistribusikan saja sampai ke TPS, untuk Pileg logistik sudah harus tiba H min 7," ujar dia.
Ia juga mengajak agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitian Pemungutan Suara (PPS) dan Panwaslu ikut mengawasi proses pendistribusian logistik ketiap daerah yang ada.Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya surat suara tertukar ditiap daerah pemilihan. (rio/ful)

Laporan : Mario
Editor    : M. Syaiful Amri
Distribusi Tersendat


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial