Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Datangi KPU, Tanya Kesiapan Pilgub

Datangi KPU, Tanya Kesiapan Pilgub



BANDARLAMPUNG - Badan Pengawas Pemilu Lampung, hari ini (6/1), berencana akan mengunjungi KPU Lampung. Kunjungan Bawaslu ini bertujuan untuk koordinasi dengan KPU atas kesiapan terakhir pelaksanaan pemilhan gubernur Lampung yang diagendakan 27 Februari mendatang.
’’Kami akan menanyakan kesiapannya langsung ke KPU. Apakah mereka sanggup melaksanakan pilgub atau tidak ?. Kita masih menunggu kabar dari KPU," kata Ketua Bawaslu Lampung, Nazarudin, kepada Senator Lampung, kemarin (5/1).
Nazarudin mengungkapkan, sejak awal dirinya telah menyangsikan kalau pilgub dapat terlaksana dengan baik. Disamping telah dua kali mengalami kegagalan. Untuk rencana 27 Februari nanti dirasa sangat riskan. Karena waktu persiapan yang sangat mendesak, baik untuk proses tender hingga distribusi logistik.
"Kan sudah ada rekomendasi dari bawaslu RI kepada KPU pusat untuk meninjau ulang pelaksanaan pilgub 27 Februari. Selain itu kami juga merekomendasikan agar KPU RI melakukan pembinaan terhadap KPU Lampung, karena dianggap tidak cermat dan tidak profesional dalam menetapkan jadwal Pilgub. Dan meminta agar KPU RI memerintahkan ke KPU Lampung untuk selalu koordinasi dengan pemprov dan DPRD Lampung," ungkapnya.
Akademisi Univeritas Lampung, Dedi Hermawan mengatakan, apa yang akan dilakukan bawaslu ini untuk meyakinkan apakah KPU dapat melakukan tahapan sesuai jadwal yang ditetapkan.
’’Bawaslu merasa ragu, seperti misalnya ada signyal dari DPRD bahwa pencairan dilakukan per termin. Sehingga menjadi tanda tanya besar apakah KPU dapat melaksanakannya," jelasnya.
Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono, ketika akan dikonfirmasi terkait hal ini saat dihubungi telepon selulernya tidak aktif. Begitupula saat menghubungi komisioner KPU Lampung, Edwin Hanibal, meski telepon genggamnya aktif tapi tidak dijawab. (ben/ful)

Liputan : Benny Setiawan
Editor   : M. Syaiful Amri
Datangi KPU, Tanya Kesiapan Pilgub


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial