Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Akhirnya, Bilik Suara Dikembalikan

Akhirnya, Bilik Suara Dikembalikan


KOTABUMI - Bilik suara pinjaman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan akhirnya dikembalikan oleh KPU Lampung Utara (Lampura), kemarin (26/11).
Sebanyak dua ribu bilik suara yang digunakan untuk Pilkada Lampura itu diangkut menggunakan mobil Truck pada pukul 12.00 WIB. Pengembalian itu, karena akan digunakan untuk pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di Kabupaten Waykanan pada 09 April 2014 mendatang.
Sekretaris KPU Lampura Hi. Firdaus  mengatakan, bilik suara sebanyak 2000 pinjaman dari KPU Way Kanan sudah dikembalikan dikarenakan Kabupaten Way Kanan akan menggunakan Bilik suara tersebut untuk Pileg dan Pilpres.”Sudah kita kembalikan ke KPU Kabupaten Waykanan jumlahnya 2000 bilik suara,” ujarnya.
Ditambahkan, untuk persiapan pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2014 mendatang pihaknya masih menunggu kiriman dari KPU pusat dengan kekurangan sebanyak 2.636 bilik suara.”Untuk bilik suara yang ada saat ini berjumlah 2744 bilik suara dan masih ada kekurangan kekurangan sebanyak 2.636 bilik, dengan rincian masing-masing TPS terdapat empat bilik dan empat kotak suara." Paparnya.
Ditambahkan bahwa kekurangan bilik suara akan di usulkan ke KPU Pusat melalui KPU Provinsi dan rencananya akan tiba di KPU Lampura pada bulan Maret 2014.
Disinggung untuk jumlah kertas suara  pihaknya belum dapat memastikan jumlahnya, karena menurut dia Daftar Pemilih Tetap (DPT) belum fix. Sedangkan untuk kotak suara masih bisa dipergunakan.
Namun masih ada yang rusak dan pihaknya juga akan mengusulkan untuk penambahan kotak suara. ”Untuk kertas suara kami belum bisa pastikan karena untuk DPT masih belum valid, dan untuk kotak suara paling kami akan usulkan untuk penambahan saja," kata dia.
Ditambahkannya lagi, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) jumlahnya mengalami peningkatan dari jumlah saat Pilkada 1.186 dan Pileg sebanyak 1.266 TPS.
”Untuk jumlah TPS mengalami Kenaikan  karena dalam Pilkada satu TPS 600 pemilih. Sedangkan dalam Pileg setiap TPS 500 pemilih,” urainya. (uci/ful)

Akhirnya, Bilik Suara Dikembalikan


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial