Selasa, 12 Desember 2017
Home / Demokrasi / Bangun Demokrasi Berkeadilan dengan Tingkatkan Keterwakilan Peremuan di Legislatif

Bangun Demokrasi Berkeadilan dengan Tingkatkan Keterwakilan Peremuan di Legislatif



BANDAR LAMPUNG -
Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pilkada) Legislatif 2019 tinggal 2 tahun lagi, untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya membangun sistem demokrasi yang berkeadilan dengan meningkatkan jumlah keterwakilan perempuan di legislatif pusat dan daerah sejak sekarang.

Hal ini sebagaimana dilakukannya Rapat Koordinasi dan Sosialisasi dalam rangka peningkatan keterwakilan perempuan pada lembaga legislatif yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Hotel Novotel, Senin (15/05/2017).

Dalam arahannya Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sujatmiko mengatakan kepedulian pemerintah dewasa ini terhadap peran perempuan sangatlah besar. Hal ini terbukti dengan diberlakukannya berbagai program dan peraturan yang terkait dengan pemberdayaan perempuan.

Bahkan salah satunya Kementerian PP dan PA sudah menetapkan Peraturan Menteri Nomor 10 Tahun 2015 tentang Grand Design Peningkatan Keterwakilan Perempuan di DPR, DPD dan DPRD pada pemilu 2019.

Menurutnya peraturan tersebut disusun untuk menjadi dasar pijakan dan untuk memberikan panduan kinerja para pemangku kepentingan, baik di lingkungan pemerintah pusat dan daerah, ataupun lembaga-lembaga masyarakat serta perguruan tinggi untuk turut berpartisipasi aktif dalam upaya meningkatkan keterwakilan perempuan di legislatif pusat dan daerah.

“Untuk itu diharapkan melalui kegiatan ini semakin meningkatkan kualitas hidup dan peran perempuan di berbagai aspek kehidupan, meningkatkan kapasitas perempuan serta meningkatkan keterwakilan perempuan dalam berpolitik sehingga perempuan dapat lebih berperan dan mengawal kebijakan yang terkait dengan perempuan dan anak, karena masa depan bangsa ada di tangan perempuan”, jelasnya.

Sementara Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Theresia Sormin mengatakan pihaknya sangat menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan keterwakilan perempuan dalam lembaga legislatif.

Pihaknya juga berharap melalui kegiatan ini Grand Design tentang keterwakilan perempuan di DPR, DPD dan DPRD pada pemilu 2019 dapat terlaksana dengan baik serta dapat merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan keterwakilan perempuan pada lembaga legislatif yang ada di Provinsi Lampung.

“Kami juga terus berharap dukungan dan komitmen pemerintah pusat serta masyarakat untuk dapat terus meningkatkan keterwakilan perempuan di Provinsi Lampung dalam lembaga legislatif di DPR, DPD dan DPRD pada pemilu 2019”, jelasnya.

Kegiatan ini turut diikuti para perempuan dari Parta Politik, LSM, Perguruan Tinggi,  Organisasi Masyarakat, serta Organisasi Perangkat Daerah terkait di Provinsi Lampung.(ver/feb)

 

Bangun Demokrasi Berkeadilan dengan Tingkatkan Keterwakilan Peremuan di Legislatif


Berita Terbaru
Berita Lainnya