Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Kembali Bawaslu Temukan NIK Siluman

Kembali Bawaslu Temukan NIK Siluman


BANDARLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung kembali ratusan ribu daftar pemilih tetap (DPT) dengan nomor induk kependudukan (NIK) yang bermasalah. DPT yang diduga bermasalah itu terdapat di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).
Ketua Bawaslu Lampung, Nazarudin mengatakan, temuan dugaan DPT bermasalah itu berdasarkan hasil suvervisi pihaknya yang dilakukan kemarin (17/11). Dan temuan itu hampir terdapat di semua desa atau dusun yang ada di Lamteng.
’’DPT dengan NIK bermasalah itu tersebar hampir di semua desa atau pekon yang ada di Lamteng,” kata Nazarudin, kepada Senator Lampung.
Nazarudin mengutarakan, NIK yang tercantum dalam DPT yang bermaslah itu tidak sesuai dengan NIK yang tercantum dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4). Dan terindikasi nomor identitas hasil temuan yang tidak sesuai DP4 itu palsu.
’’Ini yang terbaru, tidak termasuk dalam hitungan DPT yang tidak memiliki NIK atau KK,” jelasnya, seraya mengaku usai melakukan suvervisi di Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Barat dan Way Kanan, kemarin.
Dia mengungkapkan, temuan adanya NIK yang bermasalah ini diduga diakibatkan petugas pantarlih atau KPU yang salah dalam menulis NIK. Dicontohkannya, NIK bermasalah hasil temuannya mencantumkan nomor NIK dengan angka yang agak aneh. Seperti lima atau beberapa angka terakhir yang tercantum sama.
’’Masak lima angka terakhir yang tercantum lima atau nol semua. Itu kan aneh. Ini nomor NIK siluman. Dan saya langsung koordinasi dengan KPU Lampung Tengah untuk melakukan pemeriksaan dan memperbaiki hasil temuan ini,” paparnya, (ben/ful) Kembali Bawaslu Temukan NIK Siluman


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial