Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Ahok Tak Perlu Kritisi SBY

Ahok Tak Perlu Kritisi SBY

JAKARTA - Ketua DPR RI, Marzuki Alie menghimbau Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama agar tidak sering berseberangan dengan pemerintah pusat, apalagi menyerang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut Marzuki, wagub yang lebih dikenal dengan panggilan Ahok itu lebih baik bersikap arif ketimbang mengumbar pernyataan menyudutkan pihak lain.
’’Bersikap kritis dan tegas, adalah hak setiap orang. Tapi tidak harus menyakiti pribadi seseorang. Tapi sikap yang terbaik adalah memelihara persahabatan, sebab dengan persahabatan, kesempatan untuk mengabdi dengan jauh lebih besar ketimbang menyakiti seseorang,” kata Marzuki kemarin (8/11), menanggapi sindiran Ahok kepada Presiden SBY tentang kemacetan di Jakarta.
Marzuki menambahkan, Ahok sebagai politisi muda masih punya waktu panjang untuk mengabdi. Tapi jika Ahok terjebak pada polemik yang tak bermanfaat, sambung Marzuki, maka mantan Bupati Belitung Timur itu hanya akan memancing resistensi.
Marzuki bahkan mengaku pernah menasihati Ahok saat masih menjadi anggota DPR. Mantan Sekjen Partai Demokrat itu bahkan mengaku menjadi inspirasi bagi Ahok.
"Saya ceritakan tentang perjalanan hidup saya kepadanya. Saya juga tahu bahwa saya menginspirasi Ahok karena Ahok yang mengatakan pada saya,” ungkap Marzuki.
Oleh karena itu, Marzuki sebagai sahabat mengingatkan Ahok untuk benar-benar berbuat arif. "Kuncinya, arif dan bijak dalam menyelesaikan masalah, tapi tegas dan tidak kompromi terhadap pelanggaran hukum," ucapnya.
Kritikan Ahok ke SBY terpicu saat Ketua Umum Partai Demokrat (PD) itu berbicara di hadapan para pengusaha di Istana Bogor, bahwa untuk persoalan kemacetan di Jakarta sebaiknya ditanyakan ke Pemda DKI. Bahkan SBY mengaku tak pernah memerintahkan penutupan jalan demi pengamanan iring-iringan rombongannya.
Namun Ahok justru menyindir balik SBY. Sebab, faktanya saat SBY lewat tetap ada penutupan jalan. "Dia (SBY, red) enggak tahu polisi pada tutup-tutupin di ujung-ujung. Mungkin beliau enggak sadar mobil jalan lancar. Kalau aku sih lihat (penutupan jalan, red)," katanya di Balaikota DKI Jakarta, kemarin.(fas/jpnn/ful) Ahok Tak Perlu Kritisi SBY


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial