Senin, 14 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Antisipasi Perselisihan

Antisipasi Perselisihan


GUNUNGSUGIH - Mengantisipasi terjadinya perselisihan antra Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lampung Tengah karena adanya revisi peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 yang membatasi pemasangan alat peraga kampanye caleg.
CALON angota legislatif hanya di perbolehkan memasang satu titik baleho di setiap kampung. Keputusan ini telah diatur dalam peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013.
Nah, untuk mengantisipasi perselisihan antara Panwas dan masing-masing calon, harapannya pemerintah daerah juga ikut mengamankan keputusan tersebut, dengan cara mengatur zona kampanye.   
’’Banyak peserta yang menghubungi kita menanyakan pemasangan atribut. Ya kalau memasanga di luar zona yang ditentukan menurut PKPU Nomer 15 itu melanggar. Hanya saja sementara masang-masing zona belum ditentukan,” kata Ketua Panwas Lampung Tengah siti Khodijah.
Menurutnya untuk saat ini penentuan zona baik di tingkat bawah maupun tingkat atas belum ditentukan.  Dan panwas juga sudah membuat surat kepada KPU untuk segera melakukan penentuan zona. Jangan sampai hal seperti ini nantinya dapat menyulut keributan di tingkat bawah.
”Kami ini sudah menyurati KPU yang ditembuskan kepada pemerintah daerah supaya sesegera mungkinmelakukan penentuan zona. Kan ini menjadi leding siktor mereka,” kata dia.
Karena jika ada kesalahan yang dilakukan caleg dengan memasang dua atribut di satu kampung sudah mengindikasikan pelanggran yang berfariasai yakni pelanggran administrasi, pelanggran pidana.
”Pelanggran itu bisa masuk dalam katagori pidana walau awalnya merupakan pelanggran admistrasi, jika mereka bandel dengan menggulang pelanggran yang sama. Kita membuat teguran kepada KPU karena mereka memiliki wewenang untuk men skor kegiatan kampanye para caleg,” imbuhnya. (eza/ful)

Laporan: Raeza
Editor: Syaiful Amri
Antisipasi Perselisihan


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial