Kamis, 21 November 2019
Home / Demokrasi / Hari Ini KPU Datangi Dewan

Hari Ini KPU Datangi Dewan


MESKI telah menyelaraskan terhadap proses yang akan dilakukan pemerintah provinsi dan DPRD Lampung terkait alokasi anggaran pemilihan gubernur (pilgub). Namun KPU belum melakukan revisi tahapan atau jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.
Ketua KPU Nanang Trenggono menjelaskan, untuk merivisi tahapan atau jadwal, pihaknya masih menunggu tanggapan atas surat yang dikirimkan Senin (29/7) lalu.
Selain itu, KPU akan mempelajari terlebih dahulu terhadap proses yang dilakukan DPRD dan pemprov dalam membahas anggaran pilgub dalam APBD perubahan 2013.
Sebagai tindaklanjutnya, hari ini (31/7), lanjut Nanang, KPU akan melakukan pertemuan dengan Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan. Pertemuan dimaksud untuk mengetahui kejelasan bagaimana proses dana tahapan anggaran pilgub akan dibahas bersama pemprov di APBD P 2013 mendatang.
"Setelah mengetahui bagaimana proses pembahasan APBD P serta tanggapan lanjutan dari pemprov, baru kami akan membicarakan tentang revisi tahapan dan jadwal pilgub," kata Nanang.
Senada disampaikan komisioner KPU Handi Mulyaningsih. KPU masiih menunggu konfirmasi berbagai pihak terkait baru akan melakukan revisi tahapan dan jadwal pilgub.
"Kami tidak ingin membicarakan tentang revisi dulu. Sebab masih menunggu konfirmasi dari berbagai pihak. Kami juga tidak ingin melanggar aturan yang ada," jelas Handi.
Konfirmasi yang dimaksud, terang Handi, diantaranya seperti informasi kejelasan kapan dikucurkannya alokasi anggaran pilgub serta pelaksanaan tes kesehatan dan rohani para calon gubernur yang sempat mengalami pembatalan beberapa waktu lalu.

"Namun secara lisan pelaksanan tes kesehatan dan rohani akan dilaksanakan pada 13-14 Agustus mendatang," kata dia.
Handi juga mengungkapkan, untuk anggaran pilgub, KPU masih berpegangan pada nilai anggaran yang disampaikan ke pemrov sebelumnya yakni Rp187 miliar untuk dua putaran.
"Untuk anggaran belum ada pengurangan. Tapi kami masih menunggu masukkan dari pihak lain," tandasnya.
Sikap KPU yang belum melakukan revisi jadwal atau tahapan pilgub, juga disampaikan komisioner KPU lainnya Edwin Hanibal. Ia menegaskan, KPU hingga saat ini belum merevisi tahapan atau jadwal. Sebab baru sebatas mengirim surat kepada gubernur.
Intinya, kata Edwin, jadwal, tahapan pilgub sudah berjalan namun biayanya tidak tersedia. Oleh karena itu pihaknya meminta agar pemprov segera menganggarkannya di APBD perubahan.

"KPU minta kepastian, waktu dan komitmen pemprov untuk mengganggarkan dana pilgub. Baru setelah ada kepastian, kami bersama pemprov dan para bacagub dan bacawagub siap melakukan sinkronisasi dan revisi terhadap tahapan pilgub," tegas Edwin.
Akademisi universitas Lampung (Unila) Dedi Hermawan menyatakan, pertemuan antara KPU dan pemprov itu menunjukkan sikap melunaknya KPU.
"Ya, saya kira itu sikap melunaknya atas pertarungan KPU dan gubernur yang panjang dan melelahkan," kata Dedi.
Ia menambahkan, sangat mungkin tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan akan berubah. Karena jika mengikuti tahapan yang ada sangat sulit untuk aplikasikan. Mengingat aktivitas setiap tahapan membutuhkan waktu yg tidak sedikit. "Anggaran juga sebagai penentu mundurnya jadwal," paparnya. (ben)

Editor: Syaiful Amri

Hari Ini KPU Datangi Dewan


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial