Selasa, 21 Mei 2019
Home / Demokrasi / FIS UI Potret Tanggapan Masyarakat Terkait Pemerintahan

FIS UI Potret Tanggapan Masyarakat Terkait Pemerintahan

JAKARTA - Forum Intelektual Studi Untuk Indonesia (FIS UI) akan memotret tanggapan masyarakat terkait 100 hari pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK) melalui diskusi publik dengan tema "Menilai 100 Hari Pemerintahan Jokowi-JK".

"Kami ingin melihat tanggapan masyarakat terkait 100 hari pemerintahan Jokowi-JK. Kalau diperhatikan pada waktu awal pemerintahan, masyarakat sangat berharap dengan perubahan, tapi kemudian menurut survei masyarakat mulai kecewa ketika pembentukan kabinet, pemilihan jaksa agung, dan lainnya," ujar Ketua Panitia, Drs H Asri Hadi MA, di Jakarta, Rabu.

Sebagian masyarakat, lanjut dia, kecewa dengan kinerja pemerintahan Jokowi-JK selama 100 hari, namun ada lagi masyarakat yang menganggap bahwa kinerja pemerintahan tidak bisa diukur dalam jangka waktu 100 hari.

"Dengan diskusi publik, kami juga ingin memetakan kinerja kabinet Jokowi-JK itu," kata dia.

Asri menambahkan pemerintahan Jokowi-JK yang baru berjalan selama 100 hari tersebut menarik untuk dianalisa.

"Seberapa jauhkah pemerintahan baru berhasil mencapai target yang diharapkan dan bagaimana masa depan pemerintahan ini menarik untuk dianalisa."
Sejumlah petinggi media massa akan menjadi pembicara diskusi yang digelar pada Kamis (29/1). Mereka adalah yakni Saiful Hadi (Dirut Lembaga Kantor Berita Nasional Antara), Jajang Nurjaman (Pemred SCTV),  Budiarto Shambazi (Harian Kompas), Don Bosco (Berita Satu), Bambang Harymurti (Redaktur senior Majalah Tempo). Juga ada Mochammad Qodari (Indo Barometer).

"Alumni FIS UI yang kini duduk di kabinet Jokowi-JK juga akan menghadiri diskusi ini," terang dia.  
Meski demikian, Asri menegaskan bahwa FIS UI tidak dalam kapasitas memberi pernyataan, tapi menjaring bagaimana masyarakat menanggapi kinerja pemerintah.

"Kami hanya memotret tanggapan masyarakat, karena ada yang bilang pemerintahan Jokowi-JK berhasil, tentunya alasannya apa, dan ada juga yang bilang gagal, tentu ada alasannya," tegas dia.

Diskusi itu juga untuk memperkenalkan Forum Kajian FIS UI yang memiliki kepedulian pada masalah-masalah sosial, politik, pemerintahan, ekonomi, yang dihadapi Indonesia.

Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK, dilantik pada 20 Oktober 2014. Enam hari setelah dilantik, Jokowi-JK melantik menteri-menteri di kabinetnya, yang dinamakan Kabinet Kerja. (Ant/Ard)  FIS UI Potret Tanggapan Masyarakat Terkait Pemerintahan


Berita Terbaru
Berita Lainnya



Klik! View Mobile Edition

Advertorial