Kamis, 20 Juni 2019
Home / Demokrasi / Soal Umpatan Prabowo

Soal Umpatan Prabowo

. Gerindra Tak Mengakui

JURU kampanye media online Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Noudhy Valdryno mengatakan partainya tak bakal menanggapi video di media sosial yang menyebut Prabowo Subianto mengucapkan kata "kampret" dalam acara debat calon presiden Ahad lalu. Tayangan asli, katanya, tak menunjukkan Prabowo mengucapkan kata tak sopan itu.

Menurut Valdryno, dia dan anggota tim kampanye Prabowo telah berulang-ulang menonton video yang dimaksud. Dari pemeriksaan itu, dia tak menemukan kejanggalan. "Ada jeda sekian detik. Ini aneh dan tak mungkin tanpa editan," ujar dia ketika dihubungi, kemarin (18/6).

Dewan Pimpinan Pusat Gerindra, kata Valdryno, juga tak memberikan instruksi kepada timnya untuk menangkis kabar yang disebutnya sebagai serangan kampanye hitam tersebut. Dia mengklaim ucapan Prabowo itu tak membuat kehebohan di dunia maya. "Tak usah dibesar-besarkan lah," kata dia.

Sebelumnya, sebuah video yang beredar di Youtube mengungkap calon presiden dari koalisi Gerindra, Prabowo Subianto, yang tertangkap kamera mengumpat di forum debat calon presiden kedua pada Ahad malam, 15 Juni 2014. Prabowo menyebut "kampret" ketika ditanyai soal evaluasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) oleh rivalnya, Joko Widodo. "Kampret" muncul pada sesi ketiga debat dengan tema perekonomian dan kesejahteraan sosial itu.

Rekaman Prabowo tersebut masih bisa didengar dari rekaman video di YouTube. Salah satunya melalui video yang diunggah akun Airin Livia yang berjudul "Prabowo Tidak Menguasai TPID Debat Capres Jokowi vs Prabowo 15 Juni 2014". Pada video yang sudah ditonton lebih dari 30 ribu kali itu, ucapan Prabowo terdengar pada detik ke-39. Dalam video lengkap Metro TV di Youtube, ucapan itu muncul pada menit ke-59 detik ke-40 atau di video TV One di YouTube pada menit ke-54 detik ke-50.

Pemandu debat, Ahmad Erani Yustika, kemudian mempersilakan Prabowo untuk menjawab. Prabowo yang berbicara menggunakan mikrofon dan duduk di kursi menjelaskan bahwa dirinya tidak menguasai setiap singkatan. Sejurus kemudian, Prabowo memalingkan wajah ke kiri sambil berucap lirih, "Kampret," dengan sedikit senyum.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan kampret sebagai kelelawar kecil pemakan serangga atau biasa disebut Microchiroptera. Dalam Bahasa Indonesia, kata kampret kerap diucapkan sebagai ungkapan kegagalan atau kecewa. (tem/ful)

Soal Umpatan Prabowo


Berita Terbaru
Berita Lainnya



Klik! View Mobile Edition

Advertorial