Jumat, 18 Oktober 2019
Home / Demokrasi / Nomor Urut Ngak Ngaruh!

Nomor Urut Ngak Ngaruh!

KETUA Pusat Kajian Kontitusi Universitas Lampung Yusdiyanto mengatakan nomor urut tidak punya makna apapun terhadap peluang kemenangan pasangan capres-cawapres.

’’Ya, tidak pasti pasangan yang mendapatkan nomor urut lebih kecil atau lebih besar akan menjadi pemenang pilpres. pilpres 2004, misalnya, dimenangkan oleh pasangan nomor urut 4, sedangkan Pilpres 2009 dimenangkan oleh pasangan nomor urut 2," kata Yusdianto lewat sambungan telepon kemarin.

Namun, lanjutnya, bagi masyarakat yang percaya pada Feng Shui, misalnya, mungkin saja nomor urut satu bagi pasangan Prabowo-Hatta dianggap memberi tanda-tanda positif dibandingkan dengan nomor urut dua yang didapatkan oleh Jokowi-JK.

’’Dalam Feng Shui itu kan angka 1 disebut bintang uang yang selalu menguntungkan, sedangkan angka 2 disebut bintang penyakit yang membawa pada penyakit yang sangat serius,’’ ujar dia.

Ada pula masyarakat yang percaya pada Primbon menafsirkan angka satu sebagai pertanda kelahiran pemimpin yang memberi harapan baik untuk mencapai kesuksesan. "Angka satu dimaknai pula sebagai pemberi cahaya, pemberi ide, dan bijaksana, namun bisa juga bersifat egois. Sedangkan angka dua dimaknai tidak serius melaksanakan rencana yang dibuat, sering berubah-ubah, kurang percaya diri, namun punya sisi lembut dan memiliki kekuatan intuisi," kata dia.

Sementara bagi umat Islam, ia mengutarakan, angka satu maupun angka dua punya keistimewaan masing-masing, dan sama baiknya.
"Jadi semua kembali kepada penilaian masyarakat yang akan menjadi pemilih dari kedua pasangan itu. Mau percaya pada Fengshui, silahkan. Mau percaya pada Primbon, ya monggo. Tetapi saya menyarankan agar masyarakat lebih mengendepankan rasio dalam memilih capres-cawapres, tanpa harus terjebak dalam makna angka-angka itu," kata dia. (dbs/ful)

Nomor Urut  Ngak Ngaruh!


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial