Minggu, 15 September 2019
Home / Demokrasi / Undang Gubernur Terpilih

Undang Gubernur Terpilih

BANDARLAMPUNG - Keseriuasan pasangan Maruli Hendra Utama RI dan Novellia Yulistin Sanggem  maju sebagai wali kota dan wakil wali kota Bandarlampung melalui jalur independen sepertinya tidak main-main. Undangan pun telah disebar, gelaran deklarasi akan dilakukan 1 Juni mendatang bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila.

”Agenda deklarasi ditetapkan 1 Juni mendatang, tepat dengan hari kelahiran Pancasila.  Kami dari tim Roemah Rakjat saat ini sedang mempersiapkannya. Kegiatan sendiri berlangsung di di RM Centing Mas Jl. Sultan Agung (samping Monte Carlo). Sengaja kita laksanakan di tempat terbuka agar semua kalangan masyarakat dapat menikmati deklarasi tersebut,” beber juru bicara Marvel Fitriansyah kepada Senator Lampung, kemarin.

Pendiri teaterikal batin sebuai (Tebas) Lampung, ini menambahkan, pencalonan Marvel dari jalur independen merupakan jalan terbaik ketika rakyat tidak percaya dengan partai politik.

’’Negara memberikan konsesi jalur independen. Ini landasan kita, jangan melihat jalur independen sebagai sogokan semata, karena jalur independen dapat dijadikan sebagai alat politik alternatif untuk merebut kekuasaan dengan mengeliminir politik transaksional,” kata dia.

 Ditambahkan terdapat beberapa keuntungan politik dengan menggunakan jalur independen,yang pertama jalur independen lebih realistis untuk bicara anti korupsi mengingat partai politik sangat tidak anti korupsi.

Kedua, jalur ini menuntut untuk kreatif secara ekonomi politik mengingat biaya politik murah adalah kita  yang menentukan (bukan transaksional). Dan yang terakhir jalur independen membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mobilisasi KTP sebagai syarat dukungan, sehingga waktu yang lama ini dapat dimanfaatkan sebagai alat sosialisasi dan pembangunan struktur pemenangan.dan pasti lebih dekat dengan rakyat.

Ditempuhnya jalur independen, tentu berpedoman pada  Peraturan KPU No.9 Tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala. ’’Langkah-langkah awal mobilisasi KTP ini telah kita lakukan dan dapat dipertanggung jawabkan,” paparnya.

Lalu siapa saja yang akan hadir dalam deklarasi tersebut, Fitriansyah mengatakan, selain pengurus partai politik, akademisi, aktivis, Mrvel juga mengundang calon guburnur Lampung terpilih M. Ridho Ficardo.

’’Sengaja dia (Ridho, red) kami undang, di sela-sela prosesi pelantikannya pada 2 Juni mendatang. Tidak lain sebagai upaya menjalin silahturahmi,” imbuh Fitriansyah. (ryn/ful)

Undang Gubernur Terpilih


Berita Terbaru
Berita Lainnya


Advertorial