Kamis, 21 November 2019
Home / Berita Utama / Ibukota Negara Dipindah, Mendagri Nyatakan Tengah Susun RUU

Ibukota Negara Dipindah, Mendagri Nyatakan Tengah Susun RUU

Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tengah menyiapkan Rancana Undang-Undang (RUU) penetapan ibu kota baru yang akan dibahas bersama DPR RI. Hal ini menyusul langkah Presiden Joko Widodo yang telah memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

“Sedang diharmonisasi saja, sambil menunggu bagaimana jawaban surat bapak presiden kepada ketua DPR yang sudah disampaikan,” kata Tjahjo di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/19).

Tjahjo menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan kajian terkait wacana pemindahan ibu kota negara ke sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pemerintah akan terus menyempurnakan regulasi terkait wacana pemindahan ibu kota tersebut. “Ada terkait beberapa regulasi yang harus disempurnakan, itu prinsipnya,” ucap Tjahjo.

Politikus PDI Perjuangan ini mengaku belum membahas lebih jauh terkait administrasi pemerintahan di ibu kota baru tersebut. Hal itu akan dibahas langsung oleh DPR dengan Sekretariat Negara (Sekneg).

“Setneg yang mengurus apa fungsi-fungsi kementerian yang akan jalan nanti sambil jalan, mungkin setelah dua tahun atau setelah tiga tahun proses pembangunan,” terangnya.

Tjahjo pun memastikan bahwa Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor bersama pemerintah daerah dan masyarakat adat siap membantu wacana pemindahan ibu kota negara tersebut. Oleh karenanya, pada 2020 pemerintah akan memulai tahapan infrastruktur ibu kota baru.

“Tahun depan mulai ada tahapan-tahapan pembangunan infrastrukturnya dulu. Ini kan hutan,” jelasnya. (jaw) Ibukota Negara Dipindah, Mendagri Nyatakan Tengah Susun RUU


Berita Terbaru
Berita Lainnya
Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 27 Agustus 2019 | 13:02 WIB )



Advertorial

Advertise