Sabtu, 20 April 2019
Home / Berita Utama / Panwas di Malaysia Nyatakan Surat Suara Tercoblos Asli Buatan KPU

Panwas di Malaysia Nyatakan Surat Suara Tercoblos Asli Buatan KPU

Jakarta- Badan Pengawas Pemilu (Pemilu) mengaku telah menerima informasi dari jajaran Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu di Kuala Lumpur terkait surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia, Kamis (11/4). Informasi dari Panwaslu, surat suara tercoblos asli buatan KPU.

Anggota Bawaslu Mochamad Afifudin menyebut surat suara yang tercoblos kemungkinan besar berasal dari pemilih melalui metode pos.

"Kami juga memastikan berulang kali, kepada jajaran kami. Pertama, memang itu (surat suara tercoblos yang ditemukan) orientasi untuk pos? Dijawab jajaran kami, memang ini surat suara untuk pos," ujar Afif di Jakarta, Kamis (11/4/19) sebagaimana dikutip jpnn.com.

Afif mengaku sudah mengklarifikasi informasi ke Panwaslu Kuala Lumpur berkali-kali. Dari situ, Panwaslu Kuala Lumpur selalu menegaskan keaslian surat suara.

"Dalam keterangan konfirmasi jajaran kami yakni Panwaslu, dipastikan, dijawab pakai huruf tebal dan ber-font besar, artinya jengkel menjawab, asli," ungkap dia.

Meski begitu, kata Afif, Bawaslu tetap mengirim tim ke Malaysia untuk menginvestigasi kasus surat suara tercoblos. Bawaslu ingin memastikan pemilik lokasi surat suara.

Selain itu, Bawaslu juga akan menyelidiki alasan surat suara itu bisa keluar dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur jika asli cetakan KPU. "Rumah atau tempat penyimpanan ini tempat siapa? Akan kami pastikan," pungkas Afif.(jpn/dit)
Panwas di Malaysia Nyatakan Surat Suara Tercoblos Asli Buatan KPU
Terakhir Diperbaharui ( Jumat, 12 April 2019 | 00:02 WIB )




Klik! View Mobile Edition

Advertorial

Advertise